Mengunjungi Kampung Berseri Astra Rappocini

Mengunjungi Kampung Berseri Astra Rappocini

Kampung Berseri Astra Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Mengunjungi Kampung Berseri Astra Rappocini


Makassar (ANTARA News) - Di sisi kiri Jalan Rappocini Raya, berbelok ke Lorong 3 atau Lorong 5, Anda akan masuk ke wilayah Kampung Berseri Astra Rappocini.

Dua rukun warga di lorong, sebutan untuk gang dalam bahasa Makassar, RW 01 dan 04, menjadi wilayah binaan Astra International di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan sejak pertengahan 2016.

Tidak seperti kebanyakan lorong yang biasa terlihat di Jakarta, lorong-lorong di area tersebut dipenuhi warna-warna meriah, biru dan kuning di dinding yang mengapitnya, hijau di sepanjang paving blok.

Sesekali motor bergantian lewat di lorong yang diberi nama tambahan seperti Honda Beat, Honda Revo dan nama lainnya yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Koordinator Astra Group wilayah Makassar, Suhardi, menjelaskan mereka membutuhkan waktu untuk menata puluhan lorong yang ada di dalam Kampung Berseri Rappocini karena masing-masing memiliki kondisi yang beragam.

Rappocini pun dipilih sebagai lokasi binaan karena sudah memiliki empat fokus yang disasar perusahaan tersebut, seperti memiliki bank sampah, pendidikan anak usia dini dan mengikuti program Lorong yang dicanangkan wali kota.

Secara berkala, perusahaan tersebut memberikan pembinaan sesuai dengan keempat fokus yang mereka kembangkan.

Menurut Suhardi, untuk saat ini, mereka hanya memiliki satu Kampung Berseri Astra di Makassar dan berencana memperkuat program di area tersebut sebelum mengadakan di tempat lain.

Kampung Berseri Astra tersebar di 67 lokasi di 30 provinsi di Indonesia untuk membentuk masyarakat yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif.

Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017