Mayjen Doni Monardo warga kehormatan Kota Ambon

Mayjen Doni Monardo warga kehormatan Kota Ambon

Arsip: Presiden Tiba Di Ambon Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo (kedua kiri) saat tiba di Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku, Kamis (23/2/2017). (ANTARA FOTO/Embong Salampessy)

Ambon (ANTARA News) - Mayjen TNI Doni Monardo ditetapkan sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon dalam Rapat Paripurna khusus yang digelar di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kota Ambon Jl. Rijali No. 28, Kota Ambon, Maluku.

Siaran pers yang diterima Antara, Sabtu menyebutkan, penetapan mantan Pangdam XVI/Pattimura itu sebagai warga kehormatan Kota Ambon berdasarkan Surat Keputusan DPRD Kota Ambon Nomor : 16/KPTS/DPRD/2017 ?tanggal 13 November 2017 Tentang Persetujuan DPRD Terhadap Usulan Pemberian Gelar?"Warga Kehormatan Kota Ambon" kepada Mayjen TNI Doni Monardo.

Selain itu, Surat Walikota Ambon Nomor : 478 Tanggal 14 November 2017 Tentang Pengangkatan Mayjen TNI Doni Monardo Sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kota Ambon L. Silooy, M.H, dalam rapat paripurna khusus yang digelar pada Sabtu (17/11).

Penetapan Mayjen TNI Doni Monardo sebagai warga kehormatan kota Ambon merupakan bentuk Apresiasi Pemerintah kota Ambon kepadanya atas partisipasi aktif dalam membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat Maluku.

Jenderal dengan dua bintang di pundak yang kini menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi itu hadir di Maluku sejak tahun 2015 sebagai Pangdam XVI/Pattimura, hingga 14 November 2017 digantikan oleh Mayjen TNI Suko Pranoto.

Kehadirannya di Maluku memberikan perubahan yang signifikan dengan program unggulannya yaitu program Emas Biru dan Emas Hijau yang sangat membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan dan menyejahterakan? masyarakat Maluku, sehingga tercipta suasana yang aman dan damai yang dilambangkan dengan Emas Putih.

Dalam sambutannya, Mayjen Doni Monardo mengucapkan terima kasih kepada segenap warga Kota Ambon dan seluruh masyarakat Maluku karena telah memberikan suatu penghargaan khusus kepadanya sebagai warga kehormatan kota Ambon.

Ia menyatakan penghargaan itu suatu hal yang luar biasa.

"Maluku dan Maluku Utara adalah daerah yang berlimpah hasil alamnya yang menjadi incaran para penjajah pada masa itu, dan hasil alam itu tidak punah namun perlu dijaga dan dilestarikan guna membantu perekonomian masyarakat Maluku hari ini, besok dan waktu akan datang," katanya.

Ia menyatakan kehadiran Kodam XVI/Pattimura melalui program Emas Biru dan Emas Hijau kepada Maluku di bidang Sumberdaya Alam (SDA), semata mata bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat Maluku tanpa mengurangi dan melebihi kapasitas Pemerintah Daerah Provinsi Maluku atau Pemerintah Kota Ambon dalam fungsinya.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy sangat mengapresiasi program Mayjen TNI Doni Monardo.

RIchard dalam sambutannya mengatakan, di Maluku khususnya Kota Ambon pada tahun 2015 lalu telah hadir sosok Pejabat Utama TNI AD di Provinsi Maluku yaitu Mayjen TNI Doni Monardo yg secara drastis dalam kerjanya melakukan banyak perubahan yang ?signifikan memuaskan warga Kota Ambon dan Masyarakat Maluku secara keseluruhan.

"Mayjen TNI Doni Manardo adalah salah satu tokoh dari kemajuan wilayah darat dan laut Provinsi Maluku dengan memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan taraf hidup (yang baik) dengan program Emas Hijau dan Emas Biru, dan yang benar secara tulus dan ikhlas mengabdikan tugasnya dengan cinta dan kasih sayang, sehingga Maluku meningkat dari segi pemberdayaan SDA yang dikelola melalui Sumberdaya Manusia (SDM) yang dibina oleh Kodam XVI/Pattinura." katanya.

Lebih lanjut, Wali kota mengatakan, Mayjen TNI Doni Monardo telah membuktikan filosofi Jendral Sudirman bahwa TNI bukanlah suatu golongan di luar masyarakat melainkan bagian yang paling dekat dengan masyarakat. Atas kerja baiknya untuk Maluku khususnya Kota Ambon maka banyak kunjungan kerja Presiden RI dan Wakil Presiden RI serta pemerintah Pusat ke Kota Ambon.

"Kami sangat mengapresiasi setiap program?kerjanya sehingga kami?selaku warga Maluku dan Pemerintah Kota Ambon memberikan suatu penghargaan sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon," katanya.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto juga turut hadir dalam kegiatan tersebut dan disambut baik oleh pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Walikota Ambon dengan mengatakan, "Kami dengan berbahagia dan bangga melepas Mayjen TNI Doni Monardo ke tempat tugas yang baru sebagai Pangdam III/Siliwangi dan menyambut dengan tangan terbuka Mayjen TNI Suko Pranoto sebagai Pangdam XVI/Pattimura."

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNNP Maluku, Rusno Prihardito, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Drs. Daniel Pasaribu, Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Mar Imam Sopangi, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Critian K. Tehuteru, Danrem 152/Babullah, Kolonel Inf Sachono.

Pewarta : Jimmi Ayal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017