Kebakaran hutan jati hari ini terjadi di sekitar Pos II Resort Perrengan dan luasannya yang terbakar sekitar setengah hektare (ha)
Situbondo (ANTARA News) - Hektaran hutan di Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, Kamis siang terbakar sehingga petugas gabungan dari TN Baluran dan masyarakat peduli api (MPA) serta petugas BPBD setempat bergerak cepat memadamkan api.

"Kebakaran hutan jati hari ini terjadi di sekitar Pos II Resort Perrengan dan luasannya yang terbakar sekitar setengah hektare (ha)," ujar Kepala Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan pada Taman Nasional Baluran Situbondo, Sopan Arief Suprihandoko di Situbondo.

Ia belum bisa memastikan jumlah luasan hutan jati dan savana yang terbakar selama memasuki musim kemarau. Namun, dalam sepekan terakhir hutan di kawasan konservasi alam yang terbakar diperkirakan mencapai hektaran hutan.

Kebakaran hutan terjadi, katanya, diakibatkan adanya unsur kesengajaan dari seseorang, baik orang gila maupun masyarakat pencari kayu bakar di hutan yang membuang puntung rokok sembarangan.

"Pada musim kemarau kan daun jati dan rumput mulai mengering sehingga mudah terbakar. Kebakaran juga didukung dengan angin yang bertiup cukup kencang," katanya.

Ia menambahkan, petugas Taman Nasional Baluran dan BPBD Situbondo serta masyarakat peduli api setempat terus bersiaga guna pengendalian kebakaran hutan pada musim kemarau tahun ini.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan di hutan jati maupun di savana," tuturnya.

Pantauan di lapangan, pihak Taman Nasiona Baluran Situbondo saat ini telah mendirikan Posko bersama siaga pengendalian kebakaran hutan dengan melibatkan petugas dari BPBD Situbondo, Pemadam Kebakaran Situbondo dan masyarakat peduli api.

Pewarta: Novi Husdinariyanto / Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017