Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan Jepang, Wedge Holdings, akan menggelar lomba ilustrasi bertajuk "Illustrator Contest Asia" di empat negara, yakni Mongolia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Di Indonesia, pendaftaran kontestan dibuka mulai 13 Mei lalu, dan perlombaan dibuka secara resmi pada 16 Mei 2017 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta.

Lomba ini bertemakan “The Gate to The World for Asian Talents” yang bertujuan untuk menemukan kreator dari tiap negara, dan mempromosikan para talenta ke panggung dunia, kata Wedge Holding dalam siaran persnya, Rabu.

Kemudian, untuk kreator yang berhasil menjadi pemenang akan mendapat kesempatan mempertunjukkan karyanya di Jepang dan negara lain, dan juga kesempatan mendapat kontrak manajemen eksklusif untuk kegiatan promosi sebagai kreator di tingkat dunia.

"Salah satu dari manga artis tersebut adalah Mr. Nambaral Erdenebayar, manga artis Mongolia yang menandatangani kontrak eksklusif dengan perusahaan kami dan akan segera merilis manganya dan berpromosi untuk karyanya di Vietnam, Thailand, serta Indonesia," kata Wedge Holding.

Hal ini akan menjadi langkah awal untuk mempromosikan karyanya ke seluruh dunia.

Pada dewan juri dalam kontes ini merupakan kreator manga ternama dunia, seperti Akira Itou (Jepang, Chris Lie (Indonesia), Can Tieu Hy (Vietnam), Nambaral Erdenebayar (Mongolia), dan Anan Thitakom (Thailand).

Berikut jadwal lomba Illusttor Contest Asia:

Putaran Pertama
6 April 2017: Pembukaan pendaftaran
1 Juli 2017: Batas akhir pendaftaran
Akhir Juli 2017: Pengumuman hasil

Putaran Kedua
1 Agustus 2017: Pembukaan pendaftaran
1 November 2017: Batas akhir pendaftaran
Akhir November 2017: Pengumuman hasil

Putaran Ketiga
1 November 2017: Pembukaan pendaftaran
31 Desember 2017: Batas akhir pendaftaran
AkhirJanuari 2018: Pengumuman hasil

Illustrator contest Asia Championship di Jepang.

1 Maret 2018: Voting dimulai
Akhir Maret 2018: Pengumuman hasil.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017