Medan (ANTARA News) - Bulog Divisi Regional Sumatera Utara menjamin stok gula cukup aman untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2017 atau diestimasikan sebanyak 352.000 ton hingga akhir Mei 2017.

"Stok gula Bulog cukup aman karena akan ada penambahan pasokan," ujar Kepala Bulog Sumatera Utara (Sumut) Imran Rasydy Abdullah di Medan, Sabtu.

Hasil pantauan, ketersediaan gula di pasar juga masih banyak sehingga diyakini tidak ada masalah untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2017.

Imran Rasydy Abdullah juga mengakui, dewasa ini harga gula di pasar relatif stabil setelah pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi Rp12.500 per kg.

"Bulog siap melepas gula baik dengan cara pasar murah atau lainnya kalau sewaktu-waktu harga bahan pokok itu mengalami kenaikan maupun kelangkaan di pasar," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, Alwin menyebutkan timnya terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok termasuk gula di pasar modern, tradisional dan juga distributor.

Dia yang didampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sumut, Misbah, menyebutkan hingga saat ini harga gula stabil dan ketersediaan cukup aman.

"Selain memantau ketersediaan dan harga di pasar, Disperindag dan juga TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) juga tetap melakukan koordinasi dengan produsen maupun distributor," kata Alwin

Misbah menambahkan, dengan.koordinasi yang baik, diharapkan tidak terjadi kelangkaan atau gejolak harga menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Sesuai instruksi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, pemerintah akan menindak tegas pelaku penimbun atau spekulan bahan pokok.

(T.E016/I007)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017