Saya meminta umat agar memberikan prioritas waktu untuk memakai hak pilihnya."
Jakarta (ANTARA News) - Gereja Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengimbau umat Katolik DKI Jakarta untuk turut menggunakan hak pilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) putaran kedua yang akan berlangsung pada Rabu (19/4).

"Tema yang kami usung dalam Perayaan Paskah 2017 ini yaitu makin adil, makin beradab kebetulan sesuai dengan kondisi Jakarta yang menyelenggarakan pilkada," kata Pastor Rekan Paroki Katedral Jakarta Ch. Kristiono Puspo, SJ di Jakarta, Minggu.

Kesukupan Agung Jakarta, menurut Romo Kristiono, mengajak umat untuk memilih pemimpin daerah sesuai dengan hati nurani, serta mengutamakan kebangsaan dan kebhinekaan.

"Uskup Agung Jakarta telah memberikan imbauan kepada kami, termasuk pelarangan gereja sebagai tempat kampanye," katanya.

Selain imbauan untuk turut memilih dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, Keuskupan Agung Jakarta juga meminta umat Katolik untuk bersikap tenang, tidak takut, dan berpikir jernih untuk menyikapi suasana dalam masyarakat.

"Kita bersyukur dan mendukung segala upaya pemerintah untuk memberikan rasa aman dan menjaga suasana damai," demikian imbauan tertulis Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo.

Keuskupan Agung Jakarta juga mengingatkan umat Katolik tentang arti penting Pilkada DKI untuk menentukan masa depan bangsa.

"Saya meminta umat agar memberikan prioritas waktu untuk memakai hak pilihnya," ujar Uskup Agung Mgr. Suharyo.

Uskup Agung Mgr. Suharyo mengajak umat untuk terus berdoa agar bangsa dan negara Indonesia selalu terjaga aman dan damai. "Serta pemimpin bangsa agar selalu mendapatkan kebijaksanaan dan masyarakat semakin adil dan beradab," katanya.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017