Leverkusen, Jerman (ANTARA News) - Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, mengemas dua gol saat mengantarkan timnya melibas Borussia Dortmund 4-1 dalam laga pekan ke-28 Bundesliga Jerman di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Minggu dini hari WIB.

Keberhasilan Lewandowski seolah menegaskan dirinya sebagai pemenang dalam pertaruhan penyerang terbaik Bundesliga saat ini kontra bomber Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, yang mandul di laga tersebut.

Selain dua gol dari Lewandowski, Franck Ribery dan Arjen Robben melengkapi kemenangan Muenchen, sedangkan Raphael Guerreiro membalas untuk Dortmund.

Kemenangan itu membuat Muenchen kian mantap di puncak klasemen dengan raihan 68 poin, sementara Dortmund (50) tertahan di urutan ketiga.

Laga baru berjalan empat menit saat Ribery membuka keunggulan tuan rumah dengan tendangan sentuhan pertama menyambut umpan tarik dari Philipp Lahm.

Lantas pada menit 10 Lewandowski menggandakan keunggulan Muenchen dengan eksekusi tendangan bebas nan terarah, melengkung melewati pagar hidup sebelum menghujam ke sudut bawah gawang tak terjangkau penjaga gawang Roman Buerki.

Dortmund sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat gol Guerreiro, menyambar bola liar sapuan tak sempurna Arturo Vidal atas percobaan tembakan Felix Passlack pada menit 20.

Kedudukan bertahan hingga turun minum, dan memasuki babak kedua, lagi-lagi pada menit keempat alias menit 49, Muenchen mencetak gol lewat aksi individual Robben yang menusuk dari sisi kanan dan melakukan tipuan sebelum melepaskan tendangan keras untuk memperbesar keunggulan tuan rumah menjadi 3-1.

Pada menit 68, Lewandowski berusaha mengecoh dan melewati Buerki namun ia justru dijatuhkan dan wasit Marco Fritz sontak menujuk titik putih.

Penyerang Polandia itu mengambil alih sendiri tugas sebagai algojo dan dengan dingin menipu Buerki, yang melompat ke arah berlawanan, demi memastikan kemenangan 4-1 atas Dortmund dalam laga yang kerap disebut sebagai Der Klassiker itu.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Bundesliga Jerman:

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Sven Ulreich (PG); Philipp Lahm, Javi Martinez (Mats Hummels), Jerome Boateng, David Alaba; Xabi Alonso, Arturo Vidal; Arjen Robben, Thiago Alcantara, Franck Ribery (Douglas Costa); Robert Lewandowski (Joshua Kimmich)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Borussia Dortmund (3-1-2-1-3): Roman Buerki (PG); Matthias Ginter, Sokratis Papastathopoulos, Marc Bartra; Gonzalo Castro (Sebastian Rode); Felix Passlack, Marcel Schmelzer; Raphael Guerreiro (Mikel Merino); Christian Pulisic, Pierre-Emerick Aubameyang, Ousmane Dembele (Emre Mor)
Pelatih: Thomas Tuchel.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017