Jambi (ANTARA News) - Gubernur Jambi Zumi Zola akan me-reshuffle ratusan pejabat di lingkup pemerintahanya sebagai upaya penyegaran jabatan dan peningkatan kinerja.

"Dalam Minggu ini akan ada pelantikan eselon III dan IV, sekitar 500-600 pejabat," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Erwan Malik di Jambi, Kamis.

Namun dirinya belum bisa memastikan waktu dan tempat pelantikan. Katanya bisa saja besok, lusa, waktunya bisa pagi, siang, sore bahkan malam hari.

"Masih menunggu keputusan gubernur Jambi. Tapi kemungkinan besar pelantikan akan dilakukan di lapangan kantor gubernur karena jumlah pejabat yang dilantik banyak," katanya.

Dalam pelantikan tersebut, pejabat yang akan dilantik diwajibkan menggunakan baju batik Jambi lengan panjang, dan bagi laki-laki harus menggunakan tutup kepala khas Jambi (Lacak), sedangkan perempuan harus mengunakan tengkuluk (semacam selendang penutup kepala).

"Karena Pak Gubernur ingin mengangkat budaya Jambi," katanya.

Pelantikan pejabat eselon III dan IV kali ini berdasarkan hasil evaluasi terhadap ratusan pejabat di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

Sebelumnya Pemprov Jambi juga melakukan reshuffle besar-besaran untuk tiga OPD. Dan hingga saat ini 31 jabatan pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II di lingkup Pemprov Jambi masih kosong.

Erwan mengatakan, 31 jabatan kepala OPD dan Biro itu akan dilelang. Dan Pemprov sudah mendapat izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dilakukan lelang jabatan.

"Setelah disetujui gubernur baru kita umumkan lelang jabatan, tapi setelah pelantikan eselon III dan IV ini," kata Erwan menambahakan.

(Baca juga: Gubernur Zola ke Kerinci selesaikan bentrok antarwarga)

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017