Jakarta (ANTARA News) - Dua kepindahan pemain antarklub Liga Utama Inggris resmi disepakati pada Sabtu dini hari WIB, yakni Stoke City mendatangkan Saido Berahino dari West Bromwich Albion dan kapten Southampton, Jose Fonte, yang hijrah ke West Ham United.

Berahino akhirnya berhasil meninggalkan WBA setelah drama transfer berlarut-larut, termasuk pernyataan menolak tampil untuk klub tersebut beberapa waktu lalu.

Seturut laman resmi Stoke City, penyerang berusia 23 tahun tersebut didatangkan dengan kesepakatan mahar senilai 12 juta poundsterling, yang sejumlah klausul tersemat dapat membuat nilai transfer mencapai 15 juta poundsterling.

Berahino menandatangani kontrak berdurasi 5,5 tahun dan merupakan belanja kedua Stoke di bursa transfer Januari, setelah sebelumnya mereka mencapai kesepakatan untuk mengubah status Lee Grant dari pemain pinjaman menjadi transfer penuh dari Derby County.

Stoke City mendapati penyerang yang sebelumnya telah menorehkan catatan 23 gol di ajang liga dalam 105 kali penampilan bersama WBA, namun Berahino dipastikan belum bisa tampil kala tim itu menghadapi Manchester United untuk laga pekan ke-22 Liga Utama Inggris di Stadion bet365, Sabtu malam WIB.

Keberhasilan mewujudkan keinginan meninggalkan klub yang sudah tak lagi mau dibela juga diraih Fonte, setelah sempat meminta dijual oleh Southampton baru-baru ini.

Laman resmi West Ham menyebutkan Fonte didatangkan dengan nilai transfer mencapai 8 juta poundsterling.

Fonte menandatangani kontrak berdurasi 2,5 tahun disertai klausul yang memuat opsi perpanjangan satu tahun.

Pemain berusia 33 tahun itu berkiprah di sepak bola Inggris sejak bergabung dengan Crystal Palace pada 2007 silam, dan hingga saat ini telah tampil 154 kali di ajang Liga Utama Inggris serta mengemban ban kapten Southampton selama 3,5 musim terakhir.

Pada Piala Eropa 2016 lalu, bersama tim nasional Portugal, Fonte menjadi jawara ajang antar negara-negara Eropa tersebut.

Southampton juga dikabarkan tengah mengejar bek Liverpool, Mamadou Sakho, untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Fonte, dan sempat mengajukan tawaran pinjaman namun ditolak karena Liverpool hanya tertarik melayani tawaran kepindahan permanen.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017