Makassar (ANTARA News) - Manajemen PSM Makassar memutuskan melepas tiga dari empat pemain asing yang dimilikinya untuk diganti dengan pemain yang lebih berpotensi mengangkat prestasi tim Juku Eja di Indonesia Super League (ISL) 2017.

CEO PT PSM Munafri Arifuddin di Makassar, Rabu, menyatakan ketiga pemain asing yang dilepas usai memperkuat PSM di turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 itu yakni Ronald Hikspoors (gelandang/bek), Kwon Jun (bek) serta Luiz Ricardo yang berposisi sebagai penyerang.

"Kami hanya mempertahankan Wiljan Pluim (gelandang serang) yang memang berkontribusi besar terhadap tim di TSC 2016," katanya.

Dengan keputusan melepas tiga pemain asing itu maka Manajemen dan Pelatih tentu kembali membuka peluang bagi para pemain asing yang memiliki potensi.

Jika bisa membuktikan punya kemampuan diatas pemain lokal dan mendapatkan rekomendasi dari pelatih maka tentu akan direkrut bergabung menghadapi kompetisi resmi tahun depan.

Ia menjelaskan, soal perburuan pemain baik lokal ataupun asing tentunya akan menyerahkan ke Pelatih Kepala Robert Rene Alberts. Apalagi informasi terakhir jika pelatih asal Belanda itu sudah menjalin kesepakatan dengan PSM untuk kembali menukangi tim Juku Eja di ISL 2017.

Pengalaman Robert Alberts dalam melihat pemain serta statusnya sebagai pelatih PSM membuatnya memang wajar diberikan hak penuh dalam penentuan komposisi pemain yang dibutuhkan.

Sebelumnya, bek asal Prancis Steven Thicot menjadi pemain pertama atau pembuka kran seleksi masuk PSM Makassar proyeksi Indonesia Super League (ISL) musim 2017-2018.

Pemain berusia 29 tahun ini bahkan sudah bergabung bersama Rizky Pellu dan kawan-kawan di latihan PSM persiapan menghadapi Persipura Jayapura dalam aga terakhir TSC 2016.

Kehadiran pemain berkuit hitam itu memang cukup penting. Apalagi PSM Makassar memang tengah berupaya memperkuat tim agar bisa bersaing masuk posisi atas di kompetisi resmi musim depan.

Kebutuhan PSM terhadap pemain bertahan juga tidak lepas dari kinerja lini belakang PSM selama ini juga belum terlalu menjanjikan. Bahkan lini belakang PSM merupakan sektor terlemah dengan banyaknya gol yang tercipta di gawang PSM sepanjang pergelaran Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016