Jakarta (ANTARA News) - Pesepakbola Cristiano Ronaldo tampak siap menerima penghargaan keempatnya pada Ballon d'Or 2016 yang akan digelar malam ini.

Penghargaan tersebut akan menjadi penutup akhir tahun yang sempurna, setelah bintang Real Madrid ini menjadi juara dalam Liga Champions untuk kedua kalinya dalam tiga musim dan Euro 2016.

Seperti yang telah terjadi selama hampir satu dekade, saingan utama Ronaldo adalah pesepakbola asal Argentina, Lionel Messi.

Menjelang malam pengumuman Ballon d'Or 2016, Ronaldo memilih mengecat rambutnya dengan warna emas, yang tampak saat latihan.

Hal tersebut ditengarai sebagai pertanda, bahwa ia akan meraih mahkota penghargaan Ballon d'Or untuk yang keempat kalinya.

Ballon d'Or memang identik dengan warna emas, karena berarti bola emas.

"Bagi saya tidak ada perdebatan. Ballon d'Or akan diberikan untuknya. Dia menunjukkan kemampuannya musim lalu, dan dia menunjukkannya lagi dan lagi," kata pelatih Real Madrid Zinedine Zidane.

Meskipun banjir pujian terhadap Ronaldo, yang tengah bersiap bertanding di Jepang, sebagian pemberitaan negatif juga beredar tentangnya, salah satunya adalah soal tuduhan penggelapan pajak.

Terkait pemberitaan tersebut, Ronaldo menerbitkan laporan kekayaannya pada Kamis, di mana pendapatannya mencapai 227 juta euro tahun lalu.

"Anda percaya saya khawatir? Dia yang tidak berutang apa-apa, tak perlu takut apapun," kata Ronaldo.

Penghargaan Ballon d'Or pertama dimenangkan oleh Stanley Matthews, yang mengalahkan Alfredo Di Stefano untuk gelar perdana pada 1956.

Malam penghargaan Ballon d'Or 2016 akan digelar di Paris pada Senin (12/12) pukul 20.00 waktu setempat.

Sementara Ronaldo, dikabarkan tidak akan hadir karena tengah berada di Jepang untuk pertandingan menuju Piala Dunia. Demikian diberitakan AFP.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016