Surabaya (ANTARA News) - Salah satu maskapai penerbangan Arab Saudi, Flynas mulai membuka penerbangan perdana untuk ibadah umroh dengan rute Surabaya-Madinah tanpa transit yang mulai diberlakukan pada 26 November 2016.

"Ini sebagai bentuk kita melayani jamaah umroh agar tidak transit saat perjalanan perjalanan dari Surabaya-Madinah," kata pemilik jasa travel perjalanan umroh PT. Hikmah Jaya Wisata Mazlan Mansyur saat syukuran penerbangan perdana Surabaya-Madinah di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, untuk penerbangan perdana ini jadwal keberangkatan pada pukul 13.10 WIB dan 20.40 WIB. "Perjalanan Surabaya-Madinah kisaran waktu sekitar 12 jam," kata Ketua Komisi B DPRD Surabaya ini.

Selama ini, lanjut dia, Flynas lebih sering mengangkut penumpang umroh rute Jakarta-Madinah, dan Malaysia-Madinah. Sedangkan dari Surabaya ke Madinah selama ini belum ada.

Untuk itu, Jatim Flynas menggandeng lima agen travel perjalan umroh untuk membantu memasarkan rute baru tersebut. Lima agen terebut adalah PT. Hikmah Jawa Wisata, PT Saudaraku, PT Barokah Cahaya Arofah, PT Menara Suci dan PT Bukit Sofa.

Keunggulan dari maskapai Flynas, lanjut dia, adalah menggunakan pesawat boing 777 dengan kapasitas 360 tempat duduk dan melakukan penerbangan tiga kali dalam seminggu.

Selain itu, memberikan paket 9 hari dan 13 hari bagi jamaah umrah serta memberikan Jaminan delay lebih dari 6 jam akan mendapatkan penginapan layak dari maskapai. Flynas juga memberikan harga 1.050 dolar AS di saat peak season, sementara pada low season seharga 990 dolar AS.

Mazlan mengatakan rute Surabaya-Madinah yang dibuka oleh Flynas ini akan mendongkrak pasar di ASEAN. Khusus pasar umroh di Indonesia, Flynas menargetkan akan memberangkatkan sekitar 20.000 jamaah tiap tahunnya.

Mazlan berharap dengan hadirnya Flynas ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat dalam perjalanan ibadah umroh Surabaya-Madinah. Tentunya, kata dia, membuat masyarakat yang akan melakukan ibadah umroh makin banyak pilihan, dan otomatis kegiatan agen travel di Jatim pun kian semarak.

"Kami memberikan harga terbaik, dengan pelayanan yang terbaik pula, dan kami saat menjadi perjalanan penerbangan umroh yang termurah namun tidak murahan," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016