Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan taktis (rantis) atau khusus militer mampu dibuat perusahaan dalam negeri yaitu PT Sentra Surya Ekajaya (SSE).

Kendaraan taktis dari PT SSE yang paling digemari pengunjung adalah jenis P6- All Terrain Assault Vehicle (ATAV), 

Kendaraan ini bertipe terbuka tanpa pintu dan kaca pelindung, karena didesain untuk kemudahan membidik target tembak dengan senapan mesin utama yang terdapat di tiga sisi kendaraan tersebut.

Tempat senapan mesin berada di kedua sisi kanan-kiri unit dan di atas kendaraan. Di sisi tempat senjata utama sudah disediakan dengan tempat senapan mesin yang mudah digerakkan hingga sudut putar 360 derajat untuk mounting atas.

Kendaraan ini memiliki transmisi otomatis dengan empat silinder turbo disel dan kapasitas 2500 cc. Mesin utama berada di belakang unit atau bertipe rear engine.

Keistimewaan dari kendaraan taktis ini adalah bertipe suspensi independen, atau istilahnya untuk sistem suspensi mobil yang memungkinkan setiap roda pada poros yang sama untuk bergerak secara vertikal.

Dengan kata lain, kendaraan bereaksi terhadap gundukan di jalanan dan bebas tidak bergantung poros suspensi satu sama lain pada keempat rodanya.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016