Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) di Indonesia, Liang-Jen Chang, mengajak pengusaha Indonesia untuk berinvestasi di lima bidang pembangunan guna mencapai kesejahteraan ekonomi bersama.

Ajakan tersebut disampaikan pada perayaan Hari Nasional Taiwan 10 Oktober di Jakarta, Senin.

Menurut Chang, lima bidang pembangunan utama yang saat ini digalakkan oleh Taiwan adalah bioteknologi dan farmasi, pertahanan nasional, energi berkelanjutan, mesin cerdas serta teknologi internet.

Chang mengatakan Taiwan menerapkan Kebijakan Baru ke Arah Selatan (New Southbound Policy) dengan mengembangkan kerja sama bersama 18 negara ASEAN, Asia Selatan dan Australia meliputi bidang ekonomi, pertukaran tenaga ahli dan sumber daya alam.

Kerja sama tersebut, lanjut dia, dibangun berdasarkan prinsip saling menguntungkan guna menciptakan suatu kawasan ekonomi.

Selain itu, kata Chang, kebijakan baru tersebut juga termasuk kemudahan pengurusan visa ke Taiwan, promosi makanan halal dan wisata bagi Muslim, promosi produk Taiwan di luar negeri, meningkatkan pertukaran mahasiswa sekaligus penawaran bea siswa untuk belajar Bahasa Mandarin di Pulau Formosa.

Pada perayaan Hari Nasional Taiwan tersebut digelar juga pameran produk kreatif oleh Pusat Perdagangan Taiwan (Taitra) dan promosi keindahan alam, sosial budaya dan ekonomi serta inovasi generasi muda Pulau Formosa melalui tayangan berjudul "Lighting up, Inspiring Asia" atau "Mencerahkan, Menginspirasi Asia".

Sekitar seribu undangan termasuk pejabat pemerintah, legislator, tokoh masyarakat Tionghoa, pengusaha Taiwan hadir dalam perayaan tersebut.

Pewarta: Libertina
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016