Jakarta (ANTARA News) - Dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2016, Ketua MPR Zulkifli Hasan membacakan teks Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Di hadapan pasukan TNI dan polisi dari berbagai kesatuan serta para pelajar SD, SMP, dan SMA, Zulkifli Hasan membacakan teks Pancasila secara khimad, demikian menurut siaran pers MPR, Sabtu.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Tito Karnavian, staf TNI, para menteri dalam Kabinet Kerja, atase pertahanan negara sahabat, serta ratusan undangan lainnya.

Dalam upacara yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB itu, selain dibacakan teks Pancasila, juga dibacakan teks Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Ikrar.  Bagi peserta upacara, peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu juga digunakan untuk melihat peristiwa yang terjadi di tahun 1965, sebuah peristiwa tragis pembunuhan pimpinan TNI AD. Di tempat itu ada diaroma sejarah dan gambaran peristiwa penyiksaan pada para petinggi TNI AD.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016