Jakarta (ANTARA News) - Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Dharma Pongrekun mengatakan, kerja sama antardirektorat narkoba di polda-polda perlu dilakukan untuk memberantas narkoba.

"Kami harus bekerja sama, tidak bekerja sendiri-sendiri," katanya di Jakarta, Senin.

Kerja sama yang dimaksud adalah berbagi informasi dan data kasus kejahatan narkoba yang tengah diusut.

"Seperti sharing data, jangan simpan informasi sendiri. Jadi masing-masing direktorat fokus pada wilayahnya, apabila ada (kejahatan) lintas provinsi, karena narkoba adalah kejahatan lintas batas. Hal itu (kasus) biar diungkap oleh provinsi (Polda) yang dilewati," katanya.

Peningkatan kinerja pemberantasan peredaran narkoba adalah salah satu program kerja 100 hari Jenderal Pol Tito Karnavian sejak menjabat sebagai Kapolri.

Untuk itu, Kapolri telah memerintahkan petugas Pengawasan Internal (Paminal) serta Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja Direktorat Narkoba di seluruh polda.

"Saya sudah perintahkan jajaran Paminal Propam untuk monitoring direktorat mana yang kira-kira tidak melakukan kebijakan saya. Kalau ada yang memainkan kasus narkotika, saya bilang tangkap saja," kata Tito.

Tito mengatakan bagi jajaran Direktorat Narkoba yang tidak bekerja maksimal, akan diberi sanksi tegas dan dimutasi. "Yang tidak mengungkap kasus, saya akan berikan sanksi dan dipindahkan," katanya.

***2***

(T.A064)

(T.A064/B/K007/K007) 26-09-2016 14:33:52

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016