London (ANTARA News) - Sejumlah 11 veteran Belanda mengikuti upacara pengibaran bendera dan ikut menghormat Bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia yang berlangsung dengan khidmat di halaman Sekolah Indonesia Den Haag tepat pukul 10:00 hari Rabu waktu Belanda.

Dengan penuh rasa hormat, para veteran ikut menaikkan tangannya memberi hormat hingga Bendera Merah Putih sampai di puncak tiang, kata Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Belanda, Azis Nurwahyudi kepada Antara London, Rabu.

Ratusan masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang tinggal di berbagai kota di negeri Kincir Angin turut hadir dan memberikan penghormatan kepada Sang Merah Putih yang dikibarkan dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Meneer Toetenel salah seorang Veteran yang hadir menyampaikan rasa senang turut hadir dalam upacara peringatan HUT RI ini. Tahun ini adalah untuk yang kelima kalinya hadir di upacara HUT RI. Toetenel berharap hubungan baik antara Indonesia dan Belanda terus berlanjut di masa depan. Tampak juga remaja keturunan yang turut menghormat Bendera Merah Putih.

Sementara itu Lorenz Bagaskoro Hammes, yang ibunya orang Indonesia sangat semangat untuk hadir. Mereka berangkat dari kota Maastrich jam enam pagi agar bisa turut upacara di Den Haag.

Menurut Lorenz, Ini adalah kegiatan tahunan yang menarik dan tidak boleh dilewatkan. Selain senang melihat upacara juga karena ada makanan khas Indonesia.

Upacara HUT RI Ke-71 dilanjutkan dengan pemberian tanda penghargaan kepada pegawai di KBRI Den Haag yang telah mencapai masa bakti dari 10 sampai 40 tahun.

Sementara itu Aubade yang menyanyikan berbagai lagu nasional dipersembahkan Siswa Sekolah Indonesia Den Haag bersama guru dan anggota Darma Wanita Persatuan KBRI. Dalam pidatonya, Dubes Wesaka Puja yang bertindak sebagai Inspektur upacara menyampaikan perkembangan Indonesia yang diambil dari Pidaro Presiden Joko Widodo di depan Sidang Tahunan MPR 2016.

Selain itu, Dubes Puja menyampaikan perkembangan hubungan Indonesia - Belanda yang semakin erat dengan berbagai capaiannya, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan.

Selepas upacara, Dubes Puja menjamu makan siang para anggota Paskibra di Wisma Duta. Verrel Kadarusman, komandan Paskibra, mengatakan kebanggannya bisa menjadi anggota Paskibra dan diberi tanggung jawab sebagai komandan pasukan.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016