London (ANTARA News) - Timnas Inggris belum menemukan sosok pengganti pelatih Roy Hodgson yang menyatakan mundur pasca-kegagalan The Three Lions di Piala Eropa 2016 Prancis.

Nama sejumlah kandidat pengganti pun mencuat, mulai dari pelatih asli kelahiran Inggris maupun pelatih dari negara lain. Namun Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) belum menentukan pilihan padahal kualifikasi Piala Dunia Rusia sudah dimulai pada 4 September 2016.  Berikut lima calon terkuat pelatih Inggris menurut bursa taruhan seperti dilansir AFP, Kamis:

Sam Allardyce (Sunderland)

Sam Allardyce menjadi kandidat terkuat untuk melatih Wayne Rooney dan kolega setelah digelarnya pertemuan dengan tiga orang anggota tim panel yang ditugaskan FA untuk mencari pelatih baru.

Pria 61 tahun dengan julukan "Big Sam" itu memiliki gaya kepelatihan keras dan tak kenal kompromi yang diterapkan berdasarkan pengalamannya saat menjadi pemain berposisi bek tengah. Namun ia juga bisa menerima perubahan, salah satunya saat mengubah gaya permainan West Ham.

Big Sam tidak sepakat dengan Jose Mourinho yang mengejeknya menerapkan sepak bola ketinggalan jaman atau gaya "sepakbola abad 19-an". Sam memang tidak punya prestasi besar, namun ia mampu mengoptimalkan para pemain dengan kemampuan terbatas.

Jurgen Klinsmann (Timnas Amerika Serikat)

Pria Jerman yang karismatik dan penuh semangat, Jurgen Klinsmann yang pernah memperkuat Tottenham Hotspurs serta punya pengalaman sebagai bekas pelatih Der Panzer saat jadi tuan rumah Piala Dunia 2006.  

Namun Klinsmann yang dikabarkan akan melatih Southampton dianggap tak maksimal saat Amerika Serikat dihajar Argentina 0-4 pada Copa America Centenario 2016. Hadirnya Klinsmann akan memberikan suasana baru bagi timnas Inggris.

Eddie Howe (Bournemouth)


Eddie Howe menjadi pelatih muda yang dikagumi karena mengantar sekaligus mempertahankan posisi Bournemouth di Liga Utama Inggris kendati memiliki skuat yang terbatas.

FA kemungkinan ingin menunjuk sosok alternatif untuk melatih Inggris menyusul kegagalan dua pelatih berpengalaman Fabio Cappelo dan Roy Hodgson. Namun Howe yang dianggap kurang pengalaman menjadi salah satu keraguan FA.

Steve Bruce (Hull)


Steve Bruce punya gaya yang mirip dengan Sam Allardyce karena sama-sama bekas pemain bertahan dan bergaya kepelatihan keras. Namun Bruce lebih unggul dalam hal prestasi karena pernah memperkuat Manchester United.

Pelatih 55 tahun itu, cukup berpengalaman melatih beberapa klub antara lain Sunderland, Wigan, Birmingham, Crystal Palace, Wigan dan Sheffield United.

Ia juga membawa Hull City melaju ke final Piala FA 2015  kendati dikalahkan Arsenal di babak perpanjangan waktu. Namun pengalamanya belum bisa menjadi jaminan ia layak menjadi pelatih timnas Inggris.

Glenn Hoddle


Glenn Hoddle pernah melatih Timnas Inggris pada 1996 namun berhenti pada 1999 bukan karena penampilan yang buruk melainkan akibat mengeluarkan komentar tentang orang difabel.

Kemampuan Hoodle soal taktik sepak bola dianggap masih mumpuni namun dia sudah tidak terlibat dalam posisi manajerial selama 10 tahun terakhir atau saat menukangi Wolverhampton Wanderers hingga 2006.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016