Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Resor Garut mengungkap penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Garut, Jawa Barat, serta mengamankan seorang narapidana sebagai tersangkanya.

"Dengan kejadian tersebut tersangka diamankan ke Satres Narkoba Polres Garut," kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu.

Ia mengatakan tersangka yang diamankan yakni narapidana Lapas Garut Rahman Maulana (29) warga Kecamatan Karangpawitan, Garut.

Polisi mengamankan narapidana tersebut karena di dalam kamar selnya ditemukan 15 paket kecil narkotika jenis sabu-sabu seberat 7,4 gram.

"Barang bukti 15 paket kecil narkotika jenis sabu-sabu seberat 7,4 gram," katanya.

Ia menuturkan kasus tersebut berhasil terungkap berdasarkan informasi dari masyarakat yang diterima Satuan Narkoba Polres Garut.

Informasi itu, kata dia, ada sabu-sabu masuk ke dalam Lapas Garut melalui pengunjung.

Polisi selanjutnya koordinasi dengan Lapas Garut untuk melakukan penggeledahan ke dalam sel yang dihuni narapidana, Jumat (17/6).

"Napi yang telah dicurigai sebelumnya menyimpan narkotika jenis sabu-sabu tersebut," katanya.

Selanjutnya tersangka dibawa ke Polres Garut untuk pemeriksaan hukum dan pengembangan lebih lanjut, kemudian dilakukan tes urine.

Akibat perbuatannya itu tersangka dijerat Pasal 114 ayat (1) Sub Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016