Surabaya (ANTARA News) - Penguatan peran lembaga penelitian dan pengembangan industri dinilai mendukung dan sejalan dengan pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Salah satunya, yang bertujuan untuk mewujudkan industri nasional yang mandiri, kuat dan berdaya saing. Demikian disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Haris Munandar.

“Pemerintah telah mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi dalam rangka meningkatkan daya saing industri nasional melalui deregulasi, debirokratisasi serta penegakan hukum dan kepastian usaha serta memberikan kemudahan berbisnis di Indonesia,” kata Haris lewat siaran pers diterima di Surabaya, Selasa.

Menurutnya, hal tersebut juga sejalan dengan amanat RPJM tahun 2015-2019, di mana menyebutkan bahwa salah satu pilar arah kebijakan dan strategi pembangunan bidang industri nasional adalah peningkatan daya saing dan produktivitas.

Di samping itu, tambahnya, tercatat pada Visi Pembangunan Industri Nasional dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035.

Tertulis, Indonesia menjadi Negara Industri Tangguh yang bercirikan struktur industri nasional yang kuat, dalam, sehat dan berkeadilan; industri yang berdaya saing ditingkat global; serta industri yang berbasis inovasi dan teknologi.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016