Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa terasa lemah sekitar 2 detik oleh masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan."
Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter di Bolaang Mongondow. Sulawesi Utara, Kamis malam, tidak berpotensi tsunami.

"Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa terasa lemah sekitar 2 detik oleh masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis malam.

Sutopo mengatakan getaran gempa teras lemah dan dirasakan warga sekitar dua detik. Saat ini, kondisi di Bolaang Mongondow Selatan, relatif stabil dan masyarakat tidak panik.

"Kondisi saat ini masih aman terkendali," kata Sutopo.

Pusat gempa terjadi di laut dengan kedalaman 109 kilometer dengan jarak 56 kilometer sebelah barat daya Bolaang Mongondow Selatan. Titik koordinat gempa terjadi di 0.10 Lintang Selatan dan 123.78 Bujur Timur.

Hingga saat ini, BNPB belum melaporkan adanya kerusakan di pemukiman warga, fasilitas umum, maupun korban dari masyarakat setempat.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016