Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara menyediakan kawasan seluas 1.000 hektar untuk kepentingan Badan Otorita Pariwisata (BOP) Wakatobi.

"Kawasan yang kami siapkan seluas 1.000 hektar itu tidak terpusat pada satu kawasan, melainkan terletak pada empat pulau besar di Wakatobi," kata Bupati Wakatobi, Hugua melalui telepon dari Wangiwangi, Rabu

Menurut dia, kawasan yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Wakatobi untuk kepentingan BOP Wakatobi tersebut sudah ditinjau oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai pihak yang bertanggung jawab dengan pengelolaan BOP kelak.

Kawasan yang disediakan tersebut kata dia, terdapat di Pulau Wangiwangi seluas 500 hektar, Pulau Kaledupa 200 hektar, Pulau Tomia 150 hektar dan Binongko 150 hektar.

"Fasilitas pendukung pariwisata apa yang akan dibangun di dalam kawasan yang disediakan itu, sepenuhnya menjadi urusan Badan Otorita Pariwisata Wakatobi," katanya.

Menurut dia, Kemenpar menempuh kebijakan membentuk BOP Wakatobi, karena Wakatobi saat ini telah ditetapkan sebagai salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata unggulan di Indonesia.

Dengan pembentukan BOP Wakatobi tersebut kata dia, maka pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata terutama jalan, air, listrik, telekomunikasi, dermaga dan bandara yang menjadi penentu akses dari dan ke Wakatobi bisa dipercepat.

"Perecepatan pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung pariwisata di Wakatobi menjadi sangat penting untuk menarik minat wisatawan, baik mancanegara maupun wisatawan Nusantara," katanya.

Pewarta: Agus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016