Si nenek diduga sempat berupaya menyelamatkan cucunya yang sedang tidur ..."
Medan (ANTARA News) - Satu rumah toko (ruko) berlantai dua di Jalan Bandar Baru II, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Medan Timur, Sumatera Utara, terbakar dan menewaskan seorang bayi berusia setahun bernama Hwa Cai.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Medan Timur, Kompol Bernard L. Malau, Kamis, mengatakan bahwa petugas identifikasi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Medan masih melakukan pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP).

Saat terjadi kebakaran, menurut dia, kakek dan nenek bayi maupun pengasuh bayi tengah berada di lantai satu rumah dan toko (ruko) tersebut.

"Si nenek diduga sempat berupaya menyelamatkan cucunya yang sedang tidur, dan dia juga mengalami luka bakar di bagian tangan," ujar Bernard.

Dia menjelaskan, korban Hwa Cai yang mengalami luka bakar cukup parah itu sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan. Namun, nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Bernard mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran itu karena arus pendek listrik.

Petugas kepolisian juga mengamankan barang bukti, yakni sisa tempat tidur ayunan korban yang terbakar.

Polisi masih memeriksa saksi-saksi dalam peristiwa kebakaran itu, termasuk nenek korban bernama Sudjanti Halim (67) dan kakeknya Aji Wibowo (74).

"Kasus kebakaran ruko tersebut masih sedang kita selidiki," demikian Bernard.

Lurah Sidodadi, M. Asri di lokasi kejadian mengatakan, belum mengetahui persis penyebab kebakaran, dan bayi Hwa Cai adalah anak pasangan dari suami isteri Jimmy dan Lilis.

"Saya belum tahu pasti apa penyebabnya.Tapi, kebakaran terjadi Kamis sekitar pukul 09.00 WIB," katanya.

Asri menambahkan, saat peristiwa terjadi, api menyambar tempat tidur bayi itu.

"Diduga bayi tersebut terlalu banyak menghirup asap dan meninggal saat dalam perjalanan menuju rumah sakit," katanya menambahkan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016