Jakarta (ANTARA News) - Ancaman keamanan terhadap perangkat mobile dalam beberapa tahun terakhir dilaporkan mengalami peningkatan baik dalam hal jumlah maupun kecanggihan.

Para hacker juga semakin giat mencari cara untuk membajak perangkat digital untuk mendapatkan Bitcoin atau untuk mengelabui pemilik perangkat agar memberikan informasi mengenai identitas pribadi serta rekening bank mereka.

Kaspersky Lab dan WISeKey, sebuah perusahaan keamanan siber dari Swiss, baru-baru ini mengumumkan peluncuran aplikasi edisi cyber-resilience, WISeID Kaspersky Lab Security.

"Aplikasi ini mengintegrasikan teknologi terbaik dari kedua perusahaan keamanan siber dan menawarkan saluran komunikasi serta transaksi online yang lebih aman dan dapat diandalkan oleh pemilik perangkat mobile," tulis Kaspersky Lab Security dalam siaran persnya.

Aplikasi WISeID Kaspersky Lab Security edisi cyber-resilience itu mengamankan data pribadi pemilik perangkat mobile seperti username dan password, nomor kartu kredit dan PIN akses di dalam sebuah agenda untuk data-data pribadi dan menciptakan identitas yang dapat diandalkan ketika melakukan aktivitas online sementara data-data itu sendiri tetap terlindungi dalam lemari besi berbasis cloud yang dapat terjamin keamanannya.

Di dalam aplikasi tersebut terdapat Kaspersky Mobile Security SDK yaitu sebuah solusi yang tangguh dan sudah terbukti dapat melindungi perangkat mobile dari ancaman keamanan.

Disertakannya solusi SDK di aplikasi tersebut memberikan fitur keamanan yang canggih seperti perlindungan terhadap web & jaringan, perlindungan perangkat dan deteksi ancaman di smartphone, menawarkan pengguna keamanan berlapis yang efektif untuk pertahanan diri.

Keuntungan lain yang juga bisa didapatkan pemilik perangkat diantaranya aplikasi ini menciptakan password yang kuat, menyimpan password dalam lemari besi yang dienkripsi, dan melakukan sinkronisasi data secara aman antara komputer dan perangkat di beberapa platform, menggunakan penyimpanan awan yang terjamin keamanannya.

Lemari besi ini hanya dapat dibuka dengan Master Password dan/atau pola yang ditetapkan, dengan perlindungan tambahan yang disediakan melalui otentikasi pengenalan wajah. WISeID sendiri dapat diakses secara online.

WISeID Kaspersky Lab Security dengan Kaspersky Mobile Security SDK di dalamnya sudah tersedia dan bisa Anda unduh di iPhone, iPad, Android, Mac OSX, Windows dan Kindle.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016