Jakarta (ANTARA News) - Delegasi pengusaha Prancis mendatangi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, guna menjajaki peluang kerja sama di bidang maritim.

"Kami kedatangan 20 orang yang tergabung dalam kelompok maritim. Jadi kelompok maritim dari kalangan bisnis dan industri Prancis yang tertarik bekerja sama dalam bidang maritim, energi, teknologi dan lain-lain," kata Ramli, seusai pertemuan di kantornya, Jakarta, Senin.

Menurut dia, niat penjajakan yang disampaikan kalangan bisnis dan industri Prancis berdasarkan penilaian bahwa pemerintah Indonesia benar-benar serius mengembangkan visi sebagai poros maritim dunia.

Lebih lanjut, Ramli menyampaikan, "Hubungan Indonesia dengan Prancis sudah berlangsung lama dan saling menguntungkan. Makanya penting bagi kita semua untuk meningkatkan hubungan."

Meski belum secara gamblang akan melakukan penjajakan bisnis seperti apa, delegasi bisnis Prancis rencananya akan menggelar lokakarya pada Oktober mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Corinne Breuz, mengatakan, sangat berminat untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan sektor maritim Indonesia.

Terlebih, dari sekian banyak perusahaan yang hadir, sebagian diantaranya telah lama hadir di Indonesia hingga 20 tahun.

"Perusahaan-perusahaan yang hadir di sini ingin ikut ambil bagian dalam pengembangan sektor maritim Indonesia yang dipilih jadi prioritas oleh Presiden Jokowi. Kami sangat ingin berpartisipasi di sini (Indonesia) untuk mengembangkan sektor ini," katanya. 

Pewarta: Ade Junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016