AsiaNet 63499

TOKYO, 23 Februari 2016 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Yayasan Perdamaian Niwano akan memberikan Penghargaan Perdamaian Niwano ke 33 kepada Centre for Peace Building and Reconcilliation (CPBR) di Sri Lanka atas upayanya dalam membangun kepercayaan dan ikatan sosial yang merupakan kunci bagi rekonsiliasi dan perdamaian di negara yang telah sejak lama mengalami perang sipil yang baru berakhir pada 2009.

Upacara penyerahan penghargaan akan berlangsung di Tokyo pada 12 Mei pukul 10:30 a.m. Selain sertifikat penghargaan, perwakilan CPBR juga akan menerima medali dan hadiah uang tunai sebesar 20 juta yen.

CPBR, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan peacebuilding, peacemaking dan transformasi konflik tanpa kekerasan, didirikan pada tahun 2002 oleh seorang pengacara bernama Dishani Jayaweera, yang berhenti dari pekerjaannya demi mewujudkan masyarakat yang adil dan damai, dan seorang profesor universitas bernama Jayantha Seneviratne, seorang ahli resolusi konflik terkemuka. Menurut Dishani, rekonsiliasi sebaiknya didorong oleh sekelompok orang dari berbagai latar belakang yang berbeda yang bersama-sama memimpin melalui teladan dan dorongan, daripada hanya melalui gerakan sosial yang dipimpin oleh dan bergantung pada sejumlah kecil individu. Ini merupakan upaya kolektif keluarga CPBR yang telah berdampak bagi Sri Lanka dan memberikan inspirasi bagi peacebuilding di seluruh dunia. Oleh karena itu, seluruh tim organisasi CPBR mendapatkan Penghargaan Perdamaian Niwano.

Penghargaan Perdamaian Niwano:
Yayasan Perdamaian Niwano memberikan Penghargaan Perdamaian Niwano sebagai bentuk penghargaan dan dorongan bagi individu-individu dan organisasi yang telah berkontribusi secara signifikan bagi kerja sama antar keyakinan, yang lebih lanjut akan menghasilkan perdamaian dunia, dan agar pencapaian mereka tersebut dikenal secara luas. Yayasan tersebut berharap dengan cara ini akan semakin meningkatkan pemahaman dan kerja sama antar keyakinan dan mendorong munculnya lebih banyak orang yang mendedikasikan dirinya bagi perdamaian dunia. Nama Niwano digunakan sebagai nama penghargaan sebagai bentuk penghormatan bagi pendiri dan presiden pertama organisasi Budha Rissho Kosei-kai, Nikkyo Niwano.

Yayasan Perdamaian Niwano:
Yayasan Perdamaian Niwano  dibentuk pada tahun 1978 dalam rangka berkontribusi bagi perwujudan perdamaian dunia dan peningkatan budaya perdamaian. Yayasan ini mempromosikan riset dan kegiatan lainnya berdasarkan pada semangat religi dan melayani segala kegiatan perdamaian dalam berbagai bidang seperti pendidikan, sains, agama dan filosofi.

Sumber: Yayasan Perdamaian Niwano

Kontak:
(Mr.) Tadashi Takatani
Niwano Peace Foundation
Tel: +81-3-3226-4371
Fax: +81-3-3226-1835
E-mail: t.takatani@npf.or.jp
URL: http://www.npf.or.jp/english/

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016