Setiap pasangan calon tetap kita lakukan pengawalan secara melekat selama berlangsungnya rapat pleno sampai adanya keputusan pasangan calon terpilih dari KPU Karimun
Karimun, Kepri (ANTARA News) - Kepolisian Resor Karimun, Kepulauan Riau mengerahkan sebanyak 80 personel untuk mengamankan rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada serentak 2015 yang digelar Komisi Pemilihan Umum Karimun, di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun, Kamis pagi.

"80 personel kita tugaskan mengamankan rapat pleno rekapitulasi suara, baik dalam ruangan maupun di luar," kata Kepala Bagian Operasional Polres Karimun AKP M Chaidir di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

AKP M Chaidir menjelaskan, personel berpakaian dinas maupun tidak diinstruksikan untuk mengawasi setiap pengunjung dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat memicu terjadinya konflik dalam proses penghitungan suara Pilkada serentak yang telah berlangsung pada Rabu (9/12).

Setiap pengunjung, menurut dia, akan diperiksa untuk memastikan tidak ada yang membawa barang-barang berbahaya seperti senjata tajam dan lainnya.

"Setiap pasangan calon tetap kita lakukan pengawalan secara melekat selama berlangsungnya rapat pleno sampai adanya keputusan pasangan calon terpilih dari KPU Karimun," kata dia.

Ia optimistis rapat pleno tersebut berlangsung aman dan kondusif. Setiap pasangan calon maupun pendukung yang merasa keberatan dengan hasil penghitungan suara, dia harapkan untuk menggunakan hak konstitusionalnya dengan menggunakan jalur hukum, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak situasi keamanan yang cukup kondusif.

"Kami harapkan pendukung setiap pasangan calon menjaga situasi yang selama tahapan Pilkada serentak cukup kondusif," kata dia.

Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton mengatakan, rapat pleno dengan agenda rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Karimun dan Pilkada Provinsi Kepri yang akan digelar, akan menghadirkan 12 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Rapat pleno tersebut, tambah Ahmad Sulton, direncanakan dimulai pukul 09.00 WIB DI Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun dihadiri Panwaslu Karimun dan disaksikan masing-masing saksi dari pasangan calon, baik saksi pasangan calon gubernur untuk Pilkada Provinsi Kepri maupun saksi pasangan calon untuk Pilkada Kabupaten Karimun.

"12 PPK akan menyampaikan hasil rekapitulasi suaranya di depan para saksi dari tiga pasangan calon, kalau ada keberatan atau protes ada mekanisme yang dapat ditempuh setiap pasangan calon," kata dia.

Pilkada Kabupaten Karimun diikuti tiga pasangan calon, yaitu pasangan nomor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim, nomor urut 2 Agusriono-Ahmad Darwis dan pasangan jalur perseorangan dengan nomor urut 3 Raja Usman Azis-Zulkhainen.

Berdasarkan data sementara hasil rekapitulasi tingkat PPK, pasangan calon nomor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim meraih 70.425 suara atau 78,40 persen, nomor urut 3 14.341 suara atau 15,96 persen dan pasangan nomor urut 3 meraih 5.062 suara atau 5,64 persen.

Pewarta: Rusdianto Syafruddin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015