London (ANTARA News) - Chelsea yang terseok-seok di peringkat 16 klasemen Liga Utama Inggris saat ini akibat inkonsistensi penampilan ternyata memiliki 10 pemain muda bersinar dari total 32 pesepakbola belia The Blues yang dipinjamkan ke klub lain.

Puluhan pemain itu tidak berhasil menembus tim inti Chelsea sehingga dipinjamkan ke klub-klub di Jerman, Italia, Belanda, Perancis, Turki, Belgia, hingga Bosnia Herzegovina agar memiliki pengalaman kompetitif.

Sebagian pemain muda Chelsea juga dipinjamkan ke sesama tim Inggris di antaranya Watford, Reading, bahkan West Ham, rival sekota Chelsea.

Berikut 10 pemain muda bersinar yang dipinjamkan Chelsea ke klub lain yang terbagi dalam dua kategori, pemain muda bersinar dan pemain pinjaman masuk tim inti di klub lain sebagaimana dilansir dari Skysports:

Muda bersinar

1. Nathan Ake (Gelandang Watford, 20 tahun)

Nathan Ake bisa dikatakan sebagai pemain muda harapan Jose Mourinho karena pada Agustus 2015 telah diberikan perpanjangan kontrak berdurasi lima tahun kendati hanya bermain sebanyak satu kali untuk Chelsea.

Namun selama menjalani masa peminjaman di Watford, Ake cukup diandalkan dan telah tampil sebanyak tujuh dari 12 laga serta mampu menjalani peran baru sebagai bek kiri.

Ake berpeluang kembali ke Stamford Bridge sebagai solusi lemahnya lini pertahan Chelsea musim ini. Selain itu pelatih Watford, Quique Sanchez Flores, juga dikenal lihai dalam mengembangkan potensi pemain muda seperti Ake.

"Flores mengizinkan saya melakukan kesalahan, tetapi ia juga melihat bahwa saya telah berkembang di setiap pertandingan," kata Ake dilansir dari Skysports, Rabu.

"Dia selalu memberikan saran. Kami menonton video untuk menunjukkan bahwa saya bisa lebih baik dan meningkatkan kepercayaan diri yang sangat penting di usia saya," kata Ake.

2. Andreas Christensen (Bek Borussia Mönchengladbach, 19 tahun)

Andreas Christensen disebut sebagai salah satu muda pemain terbaik Chelsea dalam beberapa musim terakhir karena memiliki kemampuan melebihi batas rata-rata pemain di Cobham, akademi pemain muda Chelsea.

Pemain timnas U21 Denmark ini tampil baik ketika Borussia Monchengladbach menghadapi Gladbach di Bundesliga dan membuat penyerang Juventus; Cuadrado, Mandzukic dan Morata kesulitan menembus pertahanannya kala berlaga di Liga Champions.

3. Tomas Kalas (Bek, Middlesbrough, 22 tahun)

Pemain timnas Republik Ceko ini telah melakoni debut Liga Utama Inggris bersama Chelsea untuk menggantikan John Terry dan berbuah kemenangan 2-0 atas Liverpool pada April 2014.

Middlesbrough diuntungkan atas persahabatan Jose Mourinho dengan pelatih Middlesbrough, Aitor Karankam yang pernah menjadi asisten pelatih Real Madrid karena sebelum diizinkan meminjam Tomas Kalas, Middlesbrough juga mendapatkan pinjaman penyerang muda Patrick Bamford.

4. Mario Pasalic (Gelandang, AS Monaco, 20 tahun)

Mario Pasalic menjadi salah satu pemain reguler untuk Monaco di Ligue 1 Prancis. Pasalic kerap disamakan dengan seniornya di timnas Kroasia, Luka Modric, kendati Pasalic mengakui lebih mengidolakan Frank Lampard.

Tugas Pasalic di Monaco adalah menggantikan Geoffrey Kondogbia yang pindah ke Inter Milan. Pasalic juga termasuk dalam kesepakatan perpindahan Radamel Falcao ke Chelsea.

Kendati memulai musim dengan tidak cemerlang, namun ia tetap mendapatkan kepercayaan dari pelatih Leonardo Jardim untuk tampil sebagai starter dalam empat pertandingan terakhir AS Monaco.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi," kata Pasalic awal bulan ini. "Ini terlalu dini untuk mengatakannnya, namun saya merasa bagus di sini."

Namun hasrat Pasalic untuk bertahan di Monaco tidak akan mulus karena Chelsea membutuhkan gelandang tambahan untuk menggantikan Fabregas dan Nemanja Matic yang tidak bersinar musim ini.

5. Todd Kane (Bek, NEC Nijmegen, 22 tahun)

Todd Kane yang belum sekalipun bermain di Liga Utama Inggris bersama Chelsea ternyata tampil mengesankan di Eredivisie Belanda. Kane telah turun lapangan 10 kali yang membuat klub-klub besar di Belanda berminat untuk merekrutnya.

Pemain inti di klub lain

1. Juan Cuadrado (Penyerang sayap Juventus, 27 tahun)

Keputusan Chelsea untuk meminjamkan Juan Cuadrado ke Juventus bisa dikatakan keliru jika melihat banyaknya penyerang The Blues yang tumpul musim ini.

Kendati Juvetus juga senasib dengan The Blues yang terseok-seok di liga dengan status juara bertahan, namun Cuadrado menunjukkan upayanya untuk terus tampil konsisten di lini depan Juventus dengan menciptakan satu gol melawan Torino.

"Itu gol terpenting dalam karir saya," kata Cuadrado. "Perasaan ini luar biasa. Saya tidak berpikir akan mencetak gol penting di menit terakhir dalam pertandingan besar."

2. Victor Moses (Penyerang West Ham, 24 tahun)

Moses mengawali musim bersama West Ham dengan dibalut cedera, namun ia bangkit dan bermain dalam tujuh pertandingan liga termasuk kala melawan Chelsea.

Kinerja Moses cukup meyakinkan karena menghasilkan dua assist dan satu gol. Moses bisa jadi akan di pilih Mourinho mengingat postur tubuhnya yang besar dan kokoh seperti mantan penyerang terdahulu, Didier Drogba.

3. Marco van Ginkel (Gelandang Stoke, 22 tahun)

Marco van Ginkel kian mendapatkan kepercayaan untuk tampil sebagai starter bersama Stoke City setelah dipinjamkan ke AC Milan pada musim lalu. Namun setelah awal musim yang baik, jam terbang Val Ginkel perlahan berkurang.

Pelatih Stoke, Mark Hughes, kemudian membantah sengaja menepikan Van Ginkel akibat perjanjian kontrak yang mewajibkan Stoke harus membayar jika memainkan Ginkel sebagai pemain inti.

4. Marko Marin (Sayap Trabzonspor, 26 tahun)

Marko Marin telah mencicipi tiga musim di tiga liga berbeda, Spanyol, Belgia dan Italia, sebagai pemain pinjaman.

Kontrak Marin sebagai pemain Chelsea nampaknya tidak akan lama lagi menyusul adanya laporan bahwa Marin telah memiliki rumah di Turki dan ingin mengubah statusnya sebagai pemain permanen Trabzonspor.

5. Kenneth Omeruo (Bek Kasimpasa, 22 tahun)

Kenneth Omeruo memiliki masalah cedera paha ketika memulai musim di Turki, cedera itu juga pernah terjadi ketika ia dipinjamkan ke Middlesbrough. Namun ketika dalam kondisi bugar, pemain yang telah bermain 28 kali untuk timnas Nigeria, menjadi salah satu kunci permainan Kasimpasa di Liga Super Turki.

Jika Omeruo tetap bugar maka pada akhir musim ini ia berpeluang untuk meninggalkan Chelsea untuk memperkuat Kasimpasa karena adanya opsi pembelian dalam kontrak peminjamannya.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015