Saya yakin kita diburu waktu
Washington (ANTARA News) - Wakil Presiden Joe Biden menyatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai Presiden AS pada Pemilu 2016 sehingga mengakhiri berbulan-bulan spekulasi yang telah menghambat kampanye Hillary Clinton dan mengancam kesatuan Partai Demokrat.

"Saya yakin kita diburu waktu," kata Biden dalam pidato emosional, diapit istrinya Jill dan orang yang diharapkan akan digantikannya, Presiden Barack Obama.

Biden tampaknya masih berduka untuk mendiang putranya, Beau, yang meninggal dunia karena kanker otak Mei lalu.

Pada 1972, beberapa pekan setelah terpilih menjadi anggota Senat, Biden juga kehilangan istri pertamanya dan anak perempuannya karena kecelakaan mobil yang juga membuat dua putranya luka berat. Saat itu Biden disumpah menjadi anggota Senat di ranjang rumah sakit di mana Beau dan Hunter Biden dirawat.

Hari ini --berdiri di Rose Garden bersinar cahaya matahari-- Biden mengatakan kenangan pada Beau membuatnya bibir tersenyum namun matanya menitikkan air mata, namun itu sudah terlalu terlambat.

Dengan waktu tinggal dua bulan menjelang kampanye untuk Pemilu 2016, pria berusia 72 tahun itu kesulitan mendapatkan dana, dukungan dan tim kampanye untuk menyaingi favorit kuat Clinton.

Menanggapi kabar itu, Clinton menyebut Biden "teman baik dan orang hebat."

"Saat ini dan selalu, (saya) diilhami optimisme dan komitmennya untuk mengubah dunia untuk menjadi lebih baik," kata Hillary Clinton dalam Twitter.

Biden menyatakan ingin menjadi tetua partai. "Karena saya tidak akan menjadi kandidat, saya akan berbicara terang dan tegas di mana kita berdiri sebagai partai dan di mana kita berangkat sebagai bangsa," kata Biden seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015