Ini kan sifatnya hanya mempermudah konsumen dan mempercepat proses yang kita jalankan hingga hanya menghabiskan waktu lima menit dari proses pengajuan kredit hingga memperoleh rekomendasi,"
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan pembiayaan kendaraan Toyota Astra Finance (TAF) menegaskan inovasi mobil pelayanan atau Pop Up Van dan mesin pembuatan kredit mobil yaitu E-Kiosk tidak akan menggantikan fungsi salesman.

"Tidak untuk menggantikan fungsi salesman, justru ini untuk memperkuat mereka," kata Presiden Direktur TAF David Iskandar di Jakarta, Jumat.

Menurut David dengan adanya inovasi tersebut, justru tugas salesman akan lebih cepat karena sifat dari Pop Up Van dan E-Kiosk tersebut hanyalah sebuah alat untuk memudahkan konsumen.

"Ini kan sifatnya hanya mempermudah konsumen dan mempercepat proses yang kita jalankan hingga hanya menghabiskan waktu lima menit dari proses pengajuan kredit hingga memperoleh rekomendasi," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Operasional TAF Bambang Bodhianto yang mengatakan inovasi tersebut hanya untuk memfasilitasi keinginan konsumen baru dan yang sudah ada untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat.

"Akan tetapi kita membutuhkan salesman dan dealer, karena mereka itu partner kita, jika tidak ada mereka akan kesulitan juga. Ini sebenarnya kan membantu tugas mereka agar jadi lebih kuat," katanya.

E-kiosk yang merupakan mesin untuk mengajukan aplikasi kredit kendaraan, diharapkan mampu menjangkau masyarakat di seluruh pelosok Indonesia dalam memberikan informasi mengenai jenis produk dan layanan, kalkulasi kredit, pengajuan aplikasi kredit serta berbagai fitur lainnya.

Fitur E-Kiosk, berupa device touchscreen yang dilengkapi monitor dan kamera yang dapat membantu dalam pengenalan identitas pelanggan, ditambah document input output dan build in scanner yang ada dalam sembilan pilihan menunya. Fitur ini disebar melalui pelayanan berjalan yang disebut Pop Up Van.

Sementara itu, Pop Up Van dapat dijumpai di berbagai kegiatan atau acara dengan Toyota yang diharapkan mampu menjembatani masyarakat untuk mrndapatkan pelayanan secara mobile dari kantor cabang TAF dan informasi lainnya tentang produk yang ditawarkan mereka.

Pop Up Van sempat diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 pada Agustus lalu. Van itu diisi dua orang, yakni sales officer dan customer services pihak Toyota, yang melayani konsultasi, pengenalan, serta penjualan produk.

Mesin E-Kiosk tersebut akan disebarkan di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi dengan jumlah 50 unit yang ditempatkan di kantor cabang, dealer dan tempat strategis dan ditambah 16 unit yang ditempatkan di mobil Pop Up Van.

Sementara itu, mobil Pop Up Van akan tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi dengan melalui dua fase, dalam fase pertama akan disebarkan enam unit dan fase selanjutnya 10 unit.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015