Kendari (ANTARA News) - Sedikitnya 10 kerajaan mancanegara sudah menyatakan akan mengikuti Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat ASEAN 2015 di Kendari, Sulawesi Tenggara, tanggal 12-15 November.

Ketua IV Panitia Pelaksana Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat ASEAN HM Damsid, Kamis, mengatakan kerajaan mancanegara yang berpartisipasi antara lain dari Singapura, Pakistan, Malaysia, Philipina, dan Belanda.

"Kemungkinan besar peserta festival kerajaan dari luar negeri bertambah karena pelaksanaan masih satu bulan lagi. Keikutsertaan kerajaan luar negeri menjadi kebanggaan tuan rumah," kata Damsid.

Kerajaan-kerajaan dari negara-negara sahabat, menurut Damsid akan memamerkan budaya khas mereka berupa pakaian kerajaan dan benda-benda pusaka para raja.

"Untuk sementara kontingen para raja luar negeri berjumlah 21 orang. Panitia penyelenggara terus meningkatkan kesiapan untuk menerima para tamu," ujarnya.

Tarian kolosal dan karnaval yang melibatkan keluarga-keluarga kerajaan di Sulawesi Tenggara akan memeriahkan ajang budaya dan seni itu.

Pewarta: Sarjono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015