Washington (ANTARA News) - Bakal calon presiden dari kubu Republik Donald Trump menyebut kebijakan Angela Merkel yang menyambut imigran ke Jerman sebagai "tidak waras" dan menyatakan kebijakan itu hanya akan memicu kerusuhan di Jerman.

"Apa yang tengah terjadi di Jerman, saya selalu menganggap Merkel sebagai pemimpin besar. (Tetapi) yang dia lakukan di Jerman adalah enggak waras. Enggak waras," kata Trump dalam program "Face the Nation" CBS.

Dia mengatakan Eropa memang mesti menyelesaikan krisis migran, namun juga memperingkatkan bahwa kerusuhan bakal mengancam Jerman.

Jerman akan menerima 800.000 pengungsi dan satu juta pencari suaka tahun ini. Merkel mengklaim negaranya bisa menangani sebegitu banyak pengungsi dan pencari suaka itu.

Trump menyatakan AS tidak boleh menerima pengungsi karena di antara mereka ada yang berpura-pura menjadi pengungsi padahal mereka adalah simpatisan dan anggota para militan garis keras seperti ISIS.

"Ini akan menjadi Kuda Troya terbesar. Ini akan membuat Kuda Troya kelihatan seperti kacang jika orang-orang ini berubah menjadi (ISIS)," kata Trump seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015