Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI  DPR RI, Ade Komaruddin menyatakan, jalan keluar untuk mengantisipasi melemahnya rupiah yang tembus hingga Rp14.500 adalah dengan melakukan pinjaman luar negeri.




“Kita semua harus cari jalan keluar. Saya kira jalan keluar itu, kita cari pinjaman saja supaya untuk mengamankan masalah moneter ini. Short cut nya, jalan keluarnya adalah pinjaman ke luar,” kata Ade Komaruddin di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

 

Bila melemahnya rupiah terhadap mata uang dolar itu tidak diantisipasi dengan pinjaman luar negeri, maka akan menimbulkan efek kepada masyarakat.




“Akibatnya banyak, pengangguran akan bertambah, daya beli masyarakat turun. Jadi harus distabilkan cepat. Dan itu kalau dibiarkan akan bisa menembus Rp15 ribu, bahkan Rp16 ribu. Sedangkan cadangan devisa di BI harus diantisipasi benar oleh pengambil kebijakan di sektor moneter,” katanya.




“Idealnya, sesuai dengan kebutuhan untuk menambah cadangan devisa untuk mengintervensi,” Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI itu.






Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015