Spa-Francorchamps, Belgia (ANTARA News) - Kimi Raikkonen dikenai penalti lima posisi pada Grand Prix Belgia menyusul hukuman serupa kepada para pebalap lainnya sehingga tiga juara dunia terkena hukuman pengurangan posisi pada awal lomba.

Juara dunia 2007 itu bergabung dengan pebalap Inggris Jenson Button dan pebalap Spanyol Fernando Alonso yang sama-sama dikenai penalti.

Pebalap Finlandia yang Rabu lalu menandatangani kontrak untuk tetap bersama Ferrari pada 2016, mengalami masalah mesin pada kualifikasi sehingga tercecer ke posisi 14.

Tim Italia yang tengah mengawali Grand Prix ke-900 mereka, Minggu pagi waktu setempat memutuskan mengganti gearbox si pebalap untuk menghadapi balapan itu. Tak ayal itu dikenai penalti sehingga dia harus mengawali lomba dari urutan 16.

Pebalap remaja asal Belanda Max Verstappen dipenalti 10 tempat karena membawa power unit baru Renault ke kendaraan Toro Rosso-nya.

Dua pebalap McLaren Honda, --juara dunia 2009 dari Inggris Jenson Button dan dua kali juara asal Spanyol Fernando Alonso--, dikenai penalti sehingga harus start pada posisi 17 dan 18.

Pebalap Prancis Romain Grosjean juga dikenai penalti lima posisi, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015