Bapak Try Sutrisno menurut rencana akan hadir memberi sambutan di Tugu Proklamasi usai para peserta berparade dari Museum Joang,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno akan memeriahkan acara "Napak Tilas Proklamasi" yang digelar oleh Museum Joang 45 pada 16 Agustus mendatang guna memperingati HUT Kemerdekaan ke-70 Tahun Republik Indonesia.

"Bapak Try Sutrisno menurut rencana akan hadir memberi sambutan di Tugu Proklamasi usai para peserta berparade dari Museum Joang," kata Ketua Panitia Pelaksana Napak Tilas, Jacky Saleh, saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Jacky mengatakan pidato Mantan Wapres yang menjabat pada periode 1993-1998 itu diharapkan dapat menumbuhkan semangat juang pada generasi muda.

Napak Tilas Proklamasi merupakan rangkaian acara dengan menyusuri tempat-tempat yang menjadi saksi detik-detik proklamasi dikumandangkan, yakni Museum Joang 45, Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan ditutup di Tugu Proklamasi.

Napak Tilas akan dimulai dengan apel pembukaan di Museum Joang 45, penampilan Paskibra dari gabungan siswa SMP, pertunjukan Marching Band dan acara hiburan lainnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, juga akan memberi sambutan sekaligus melepas partisipan yang berparade.

Sejumlah pelajar dari SD hingga SMA, tim Pramuka, serta komunitas, seperti Komunitas Historia Indonesia (KHI) dan Komunitas Sepeda Ontel memeriahkan pawai keliling menuju dua tempat bersejarah tersebut.

"Kami juga adakan lomba yel-yel bertema lagu perjuangan dari siswa SMP dengan jumlah peserta 600 orang dari 60 tim. Kemudian di akhir acara akan ada teatrikal dan pembacaan naskah Proklamasi di Tugu Proklamasi," kata Jacky.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015