Ketika saya minta dukungan pada warga dalam bentuk KTP, tidak ada yang saya beri uang. Ini akan terus berlanjut hingga Pilkada

Gunung Kidul (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima berkas dari bakal calon wakil bupati dan wakil bupati jalur independen Benjamin Sudarmaji dan Mustangid pada hari pertama pendaftaran.

Ketua KPU Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Minggu, mengaku langsung meneliti berkas kedua orang ini.

"Tadi sudah masuk dan melakukan penelitian berkas," kata Zaenuri.

Ia mengatakan dari pemeriksaan diketahui beberapa persyaratan belum lengkap, dan mereka diberikan kesempatan untuk memperbaiki hingga 7 Agustus.

"Ada ijazah SLTA calon wakil serta pembayaran pajak, yang masuk baru yang setahun terakhir, dan sudah diminta lima tahun terakhir," kata Zaenuri.

Zainuri mengatakan untuk berkas surat keputusan pengunduran diri bakal calon yang masih berstatus PNS, maka sesuai dengan peraturan itu dilakukan 60 hari setelah penetapan calon.

Benyamin Sudarmaji mengatakan akan memperbaiki persyaratan yang belum lengkap.

 "Kami ingin mendaftarkan diri sebagai pasangan independen setelah dinyatakan lolos verifikasi vaktual beberapa waktu lalu," kata Benyamin.

Benyamiun ingin membuktikan bahwa untuk menjadi bupati dan wakil bupati tidak harus dengan uang.

"Ini sudah saya buktikan awal. Ketika saya minta dukungan pada warga dalam bentuk KTP, tidak ada yang saya beri uang. Ini akan terus berlanjut hingga Pilkada," tutur Benyamin yang bersama Mustangid datang menggunakan sepeda motor dikawal relawan berkostum punokawan sekitar 11.30 WIB.



Pewarta: Sutarmi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015