Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin memuji kawasan industri yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti permukiman, pusat perbelanjaan dan area olahraga.

"Kawasan-kawasan industri generasi terakhir itu tidak hanya dibangun pabrik-pabriknya saja, tetapi juga berbagai fasilitas lainnya," kata Menperin di Jakarta, Senin.

Menperin mencontohkan, kawasan industri Jababeka merupakan salah satu kawasan industri yang fasilitasnya lengkap, mulai dari pabrik-pabrik, fasilitas permukiman, mall yang sedang dibangun hingga fasilitas olahraga ada di sana.

Menperin mengatakan, dengan adanya kawasan industri di suatu wilayah, maka akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang terpusat di wilayah tersebut.

Hal tersebut, lanjutnya, sejalan dengan rencana pemerataan pembangunan wilayah di seluruh Indonesia melalui pembangunan 14 kawasan industri yang tersebar di seluruh wilayah tanah air.

"Dengan demikian, akan dibangun infrastruktur berupa jalan, jembatan mapun pelabuhan di kawasan tersebut yang mampu menggerakkan roda perekonomian," ujar Menperin.

Menperin berharap, proyek pembangunan 14 kawasan industri tersebut dapat diselesaikan dengan baik, sehingga target pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dapat tercapai.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015