Jakarta (ANTARA News) - Marta dan Formiga membawa Brasil memperdaya wakil Asia, Korea Selatan, dengan skor 2-0 pada pertandingan Grup E Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada, sedangkan Prancis menaklukkan Inggris 1-0 berkat gol semata wayang Eugenie Le Sommer.

Mengutip laman resmi Piala Dunia Wanita FIFA 2015, pada dua pertandingan lainnya, Spanyol menghadirkan duel memikat dengan Kosta Rika yang sama-sama mengemas satu poin setelah seri 1-1, sementara duo benua Amerika --Meksiko dan Kolombia-- juga bermain seri 1-1.

Di Montreal, duo bintang Brasil --Marta dan Formiga-- selain mencetak gol kemenangan Brasil, juga menorehkan rekor dalam sejarah turnamen ini.

Marta yang membuat gol pembuka kemenangan Brasil menjadi pemain tertua yang mencetak gol pada Piala Dunia Wanita, sedangkan gol Marta dari titik putih membuatnya menyisihkan legenda Jerman Birgit Prinz sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah turnamen ini.

Cristiane menerobs lapangan tengah Korea untuk tinggal menghadapi tiga pemain terakhir Korea, namun gerak bola mendahului dia sehingga dihalau Kim Doyeon yang berusaha meneruskan bola ke kiper. Sayang bola ini dipotong Formiga yang akhirnya menaklukkan kiper Kim Jungmi.

Formiga berandil pada gol kedua Brasil setelah terobosannya ke kotak penalti lawan memaksa kapten "Putri Taeguk" Cho Sohyun menjatuhkannya sehingga Brasil pun dihadiahi tendangan penalti.

Marta berhasil menjadi algojo untuk menciptakan gol ke-15 dia sepanjang Piala Dunia Wanita, hampir 12 tahun sejak dia mencetak gol pertama pada Piala Dunia Wanita.

Di Moncton, pertandinga Grup F antara Prancis melawan Inggris berakhir 1-0 setelah gol babak pertama nan mempesona dari Eugenie Le Sommer mengantarkan Prancis mengatasi Inggris.

Pertandingan dua Eropa ini dipengaruhi hujan angin yang memang membasahi Moncton di New Brunswick ini, namun Prancis yang tidak pernah kalah dari Inggris sejak 1974 melangkah lebih mantap dengan memulai kampanye Piala Dunia Wanita 2015 mereka dengan cemerlang. Faktanya, Prancis tampil dominan sepanjang pertandingan.

Pada pertandingan sangat menarik di Grup E antara dua debutan, Spanyol dan Kosta Rika, kedua tim berbagi poin sama setelah seri 1-1.

Vicky Losada mencetak gol pertama Spanyol pada Piala Dunia Wanita, namun segera disamakan Raquel Rodriguez Cedeno.

Gol monumental Spanyol itu menjadi bukti kemampuan teknik yang mumpuni dari Losada yang mengontrol bola dengan baik usai menerima umpan Sonia Bermudez yang diakhirinya dengan sebuah tendangan terukur yang mengecoh kiper Dinnia Diaz.

Namun Lixy Rodriguez berlari mengontrol bola hasil umpan Carolina Venegas, lalu mengelak melewati Irene Paredes di kota penalti Spanyol. Umpan silangnya jatuh tepat kepada Rodriguez Cedeno yang berdiri bebas, dan Kosta Rika pun terhindar dari kekalahan.

Daniela Montoya juga membuat timnya Kolombia terhindar dari kekalahan saat melawan Meksiko di Moncton pada pertandingan lain di Grup F.  Pada babak pertama Meksiko sudah unggul berkat gol Veronica Perez.

Grup E:
- Spanyol 1, Kosta Rika 1
- Brasil 2, Korea Selatan 0

Grup F:
- Prancis 1, Inggris 0
- Kolombia 1, Meksiko 1

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015