Paris (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Francois Hollande dan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, Sabtu, melalui telepon membahas krisis utang Yunani seiring penipisan waktu mencapai kesepakatan, kata sumber diplomatik Prancis.

"Mereka membahas keadaan untuk membantu memajukan perundingan Yunani dengan tiga lembaga," kata sumber itu.

Pembicaraan tiga arah itu dilakukan pada malam pertemuan puncak G7 di Jerman yang tampaknya akan dibayangi oleh drama Yunani, meskipun Tsipras sendiri tidak menghadiri pertemuan tingkat tinggi itu.

Dengan tidak adanya kesepakatan yang dicapai dan miliaran euro pembayaran pinjaman yang jatuh tempo akhir bulan ini, kekhawatiran meningkat atas akan terjadinya kegagalan pembayaran utang Yunani yang dapat berakibat keluarnya negara itu dari zona euro.

Tsipras, Jumat, mendesak kreditor internasional negara itu - Dana Moneter Internasional, Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa - untuk mencabut tuntutan pemotongan penghematan lebih lanjut "yang tak masuk akal" sebagai imbalan guna menyetujui bantuan senilai 7,2 miliar euro.

Athena juga menggenjot tekanannya dalam negosiasi setelah menunda pelunasan pinjaman kunci untuk IMF yang jatuh tempo pada Jumat dan memilih untuk merapel pembayaran empat pinjaman IMF menjadi satu satu karena pada akhir Juni.
(G003/B002)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015