Semarang (ANTARA News) - Dua penjarah barang dagangan milik pedagang diamankan petugas kepolisian di sela proses pemadaman kebakaran yang melanda Pasar Johar Semarang, Minggu dini hari.

Komandan Peleton Satuan Pengendali Massa Polrestabes Semarang Aipda Aris Mulyo mengatakan bahwa dua penjarah tersebut diamankan dari titik yang berbeda.

"Dua penjarah itu terpergok warga dan polisi saat menjarah beberapa barang dagangan milik pedagang," katanya.

Menurut dia, dua penjarah itu diamankan ke atas truk Satdalmas Polrestabes Semarang dari amukan warga.

"Salah satu penjarah sudah babak belur dihajar warga, sebelum kami amankan," ujarnya.

Dua penjarah yang belum diketahui identitasnya itu kemudian dibawa ke Mapolrestabes Semarang guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran di Pasar Johar yang merupakan bangunan cagar budaya tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Kebakaran yang diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik itu diketahui pertama kali dari salah satu kios pakaian.

Bangunan lantai satu pasar tersebut digunakan oleh sebagian besar oleh pedagang pakaian, sementara lantai dua dihuni para pedagang buku.

Hingga pukul 01.30 WIB api masih membakar pasar yang terdapat 1.000 pedagang dengan nilai transaksi uang mencapai belasan hingga puluhan miliar rupiah per hari.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015