Los Angeles (ANTARA News) - Lukisan cat air karya Adolf Hitler semasa muda akan dijual dalam lelang di rumah lelang Nate D. Sanders di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Kamis.

Penyelenggara lelang pada Senin (23/3) menyatakan bahwa lukisan bebungaan di kanvas itu dibuat tahun 1912, ketika pria yang kemudian menjadi pemimpin Nazi itu berjuang untuk menjadi seniman di usia pertengahan 20-an.

Karya seni berukuran 34,3 cm x 27,3 cm itu menampilkan gambar sebuah vas keramik biru berisi bunga-bunga berwarna oranye, merah dan merah muda lembut--subjek yang tidak biasa ketika Hitler sedang memfokuskan lukisannya pada pemandangan dan arsitektur.

Seperti dilansir kantor berita AFP, penawaran untuk lukisan Hitler itu akan dimulai dengan harga 30.000 dolar AS.

Hitler hijrah ke Wina untuk mencoba peruntungan sebagai seniman. Ironisnya, seorang makelar seni Yahudi mempercayai bakatnya dan menjual lukisan-lukisan Hitler ke orang-orang kaya Yahudi Wina sejak 1911.

Ketika pemimpin Nazi yang anti-Yahudi itu berkuasa tahun 1930-an, pasukannya merebut galeri Morgenstern dan mengusir pemiliknya ke Lodz Gheto hingga meninggal dunia pada 1943, menurut rumah lelang di Los Angeles. (Uu.M007)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015