Ada enam kecamatan dan 31 kelurahan yang terkena banjir, yakni Kecamatan Semarang Timur, Gayamsari, Pedurungan, Semarang Barat, Semarang Utara, dan Genuk,"
Semarang (ANTARA News) - Enam kecamatan di Kota Semarang terkena banjir seiring hujan lebat yang mengguyur daerah ini pada Kamis (12/2), kata Wali Kota setempat Hendrar Prihadi.

"Ada enam kecamatan dan 31 kelurahan yang terkena banjir, yakni Kecamatan Semarang Timur, Gayamsari, Pedurungan, Semarang Barat, Semarang Utara, dan Genuk," katanya di Semarang, Jumat.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi mengaku langsung berkeliling memantau wilayah yang tergenang banjir sejak Kamis (12/2) malam, mengingat hujan deras yang mengguyur Kota Semarang.

Wilayah yang terkena banjir meliputi Kelurahan Mlatiharjo, Mlatibaru, Kemijen, Bugangan, Kebon Agung, dan Rejomulyo (Semarang Timur), Tanjung Mas, Kokrosono, Karangayu (Semarang Barat).

Kemudian, Kelurahan Muktiharjo Kidul, Palebon, Tlogosari, dan Kalicari (Pedurungan), sementara di Kecamatan Genuk, banjir menggenangi Kelurahan Gebangsari, Muktiharjo Lor, dan Trimulyo.

Di Kecamatan Semarang Utara ada tujuh kelurahan, yakni Tanjung Mas, Dadapsari, Panggung Kidul, Panggung Lor, Plombokan, Dadapsari, dan Bandarharjo, sementara di Gayamsari ada tujuh kelurahan.

"Sebagai catatan, genangan sesedikit apapun, tetap dianggap banjir agar lebih mudah dalam menyusun program penanganannya," kata Hendi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu.

Sebagaimana diwartakan, hujan deras mengguyur Kota Semarang sejak Kamis (12/2) sore sekitar pukul 15.00 WIB sehingga menyebabkan sejumlah jalan protokol dan kawasan permukiman tergenang banjir.

Ketinggian air yang terpantau di beberapa titik bervariasi, antara 20-60 centimeter, seperti di Jalan Pemuda, kawasan Kota Lama, Bundaran Bubakan, Jalan Citarum, dan Jalan Pattimura.

Bahkan, ketinggian air di Sungai Banjir Kanal Timur Semarang sempat menyamai bibir sungai dan meluap pada beberapa titik, seperti di kawasan Sawah Besar yang padat permukiman.

Berdasarkan pantauan, pada Jumat (13/2), banjir yang menggenangi beberapa wilayah sudah mulai surut meski masih ada beberapa wilayah yang masih tergenang banjir, seperti di kawasan Tlogosari.

Beberapa jalan protokol yang sebelumnya sempat tergenang banjir, seperti Jalan Citarum dan Jalan dr Cipto pun telah mengering, sementara kondisi cuaca saat ini masih mendung dan sesekali hujan.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015