Tokyo (ANTARA News) - Presiden Liberal Democratic Party (LDP) Shinzo Abe pada Rabu mendapatkan 328 suara dari 475 anggota majelis rendah dalam pemilihan perdana menteri dan terpilih kembali menjadi perdana menteri negeri itu.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, dalam sesi lain pasca-pemilihan di majelis tinggi, Abe juga mendapat 135 suara dari 240 kursi dewan.

Selanjutnya dia akan membentuk kabinet baru.

Laporan media lokal menyebutkan hampir semua menteri tampaknya akan bertahan di pos mereka tapi Menteri Pertahanan Akinori Eto sudah menolak penunjukkannya kembali karena skandal dana politiknya.

Abe menyeru pelaksanaan pemilihan umum cepat bulan lalu karena data-data menunjukkan kelesuan pertumbuhan ekonomi dan partainya menang pada pemilihan umum 14 Desember.

Bersama dengan mitra juniornya, Komeito Party, koalisi LDP-Komeito mengamankan 326 kursi di majelis rendah dan mampu menjaga mayoritas di majelis tinggi.

Majelis rendah hari ini juga memilih bekas menteri luar negeri Nobutaka Machimura sebagai juru bicara menggantikan Bunmei Ibuki.

Sebelumnya Abe mengatakan bahwa dia akan mendorong kebijakan ekonominya yang disebut "Abenomics" untuk menarik Jepang dari deflasi berkepanjangan dan memulihkan ekonomi Jepang.Dia juga berjanji setelah pemilihan umum bahwa dia dan LDP akan berusaha mendapatkan lebih banyak dukungan publik untuk mengamandemen Konstitusi dan memenuhi legislasi terkait hak kontroversial untuk pertahanan diri kolektif. (Uu.H-AK)




Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014