... latihan parsial dilakukan unsur-unsur pasukan sejak beberapa waktu lalu... "
Jakarta (ANTARA News) - Seluruh persiapan rangkaian upacara, peragaan dinamis dan dinamis armada serta kesenjataan untuk HUT ke-69 TNI di dermaga Ujung, Markas Komando Armada Indonesia di Kawasan Timur TNI AL, Surabaya, terus dilakukan secara intensif. 




"Berbagai latihan parsial dilakukan unsur-unsur pasukan sejak beberapa waktu lalu. Hari ini, sebagai misal, penerbangan pesawat tempur TNI AU telah dilaksanakan. Demikian juga pasukan di perairan dan darat," kata Komandan Pangkalan Utama TNI AL V/Surabaya, Brigadir Jenderal Marinir TNI Rudy Andi Hamzah, dari Surabaya, Kamis. 




Pangkalan Utama TNI AL V/Surabaya yang dia pimpin menjadi satu unsur penting pendukung pelaksanaan seluruh rangkaian seremoni dan peragaan itu. 




Seluruh personelnya telah digelar untuk mendukung kesuksesan acara besar TNI yang juga menjadi "kado perpisahan" kepada Presiden Susilo Yudhoyono, yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober nanti. 




Sejak beberapa bulan lalu, kata dia, sejumlah perbaikan sarana fisik di pangkalan itu telah diintensifkan. "Sebetulnya rutin saja, namun mengingat upacara kali ini lebih besar ketimbang yang biasa maka kami intensifkan," kata dia. 




Selain perangkat fisik bangunan dan prasarana fisik lain, dia menyatakan, "Kami juga menyiapkan area persiapan dan lokasi unsur pasukan menginap. Kami ini unit pelayanan, pemeliharaan, dan pendukung maka kami semaksimal mungkin melakukan tugas kami."




Sebagai contoh sederhana adalah penyaluran logistik dari dapur kepada pasukan sebagaimana juga air bersih untuk belasan ribu personel gabungan TNI itu. 




"Dana telah disiapkan dari Markas Besar TNI namun manajemen pelaksanaan tugas ini perlu pendekatan khusus dan disiplin tersendiri. Makanan harus tepat waktu dan dijamin bersih dan sehat, air bersih harus lancar, lalu-lintas juga begitu, juga listrik untuk berbagai keperluan. Ini beberapa yang kami siapkan," kata dia. 




Tercatat 256 pesawat terbang militer dari TNI AL, TNI AU, dan TNI AD turut serta dalam peragaan dinamis di udara berupa terbang lintas. Masih ada puluhan kapal perang berbagai kelas, tipe, dan kegunaan ditambat di dermaga dan juga berlayar lintas. 




Masih ditambah parade belasan ribu personel gabungan TNI di muka dermaga, lengkap dengan arsenal dan kesenjataan masing-masing, baik kendaraan unit ataupun perorangan. 




Hal lain yang tidak kalah penting adalah kedisiplinan dan ketertiban seluruh personel yang terlibat. 




"Kami pastikan juga ketertiban dan aturan berlaku sebaik mungkin. Misalnya, pasukan harus ada di barak masing-masing untuk istirahat malam pada jam yang ditetapkan, jangan ada lagi yang masih jalan-jalan tanpa keperluan penting," kata dia. 




Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014