Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian mengajak kalangan pengusaha Taiwan untuk berinvestasi pada sektor pertanian di tanah air.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Suswono saat bertemu dengan Menteri Pertanian Taiwan Bao-Ji Chen di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, Jumat, sebelum acara pembukaan The Third APEC Ministerial Meeting on Food Security.

Dalam keterangan tertulis Kementerian Pertanian, Kamis, Mentan Suswono berharap kerjasama pertanian Indonesia-Taiwan bisa ditingkatkan melalui kerja sama investasi sehingga pihaknya mengundang para pebisnis Taiwan untuk berinvestasi di Indonesia.

Mentan mengemukakan, investasi pertanian sangat terbuka, apalagi saat ini Indonesia tengah mengembangkan enam koridor ekonomi melalui Masterplan Percepataan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Investasi pertanian sangat terbuka di enam koridor ekonomi itu, terutama di luar Jawa, seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua," katanya.

Mentan Taiwan yang dalam pertemuan tersebut mengikutkan sejumlah pengusaha sektor pertanian menanggapi positif ajakan pemerintah Indonesia.

Bahkan di antara pengusaha yang datang sudah ada yang menanamkan investasi di Indonesia, namun karena aturan tidak membolehkan pemilikan asing mayoritas, mereka tidak bisa mengendalikan penuh perusahaan.

Dan itu diklaim sebagai penyebab perusahaan tidak berkembang. Oleh karen itu Mentan berharap ada perbaikan regulasi terkait pemilikan asing pada perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Menanggapi keluhan itu, Mentan menyatakan, keluhan dan masukan itu akan disampaikan kepada pihak terkait.

Sebelumnya Mentan Taiwan meminta perpanjangan kesepakatan kerja sama (memorandum of understanding/MoU) dalam bidang pertanian dengan Indonesia yang berakhir pada 2001.

"Perpanjangan MoU tersebut penting karena akan menjadi payung bagi kerja sama lainnya dalam bidang pertanian," kata Bao-Ji.

Menanggapi permintaan tersebut Mentan Suswono menyatakan tidak keberatan, pasalnya, selama ini kerjasama pertanian dengan pihak Taiwan berjalan cukup baik.

Salah satu produk kerjasama Indonesia-Taiwan dalam bidang pertanian adalah produk Jambu Kristal yang saat ini cukup populer di Indonesia.

"Saat ini juga tengah berjalan proyek kerjasama dengan Taiwan untuk pengembangan sayur-sayuran, ujarnya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014