Kedepannya, semua terminal di Jakarta akan dibuat dengan satu konsep yang sama
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan segera melakukan revitalisasi terhadap empat terminal bus yang ada di ibu kota pada tahun ini.

"Tahun ini, ada sebanyak empat terminal yang akan kita lakukan revitalisasi. Nanti, konsepnya akan kita samakan dengan Terminal Manggarai," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar di Jakarta, Selasa.

Menurut Akbar, keempat terminal tersebut, antara lain Terminal Rawamangun, Terminal Klender, Terminal Pinang Ranti dan Terminal Muara Angke.

"Selama proses pembangunan, segala aktivitas yang ada di terminal akan dipindahkan untuk sementara. Kalau memungkinkan, maka aktivitas hanya akan dipindahkan keluar area terminal. Namun, apabila mengganggu arus lalu lintas, maka akan dipindahkan ke lokasi lain," ujar Akbar.

Dia menuturkan anggaran yang disediakan untuk melakukan revitalisasi tersebut berbeda-beda untuk setiap terminal, tergantung luas masing-masing.

Untuk Terminal Rawamangun dengan luas 11.958 meter persegi disiapkan dana sebesar Rp48 miliar sedangkan Terminal Pinang Ranti seluas 23.731 meter persegi sebesar Rp23 miliar.

Kemudian, Terminal Muara Angke seluas 1.266 meter persegi dengan biaya Rp8 miliar dan Terminal Klender dengan luas 3.675 meter persegi sebesar Rp248 miliar.

"Revitalisasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan angkutan umum bagi seluruh warga. Kedepannya, semua terminal di Jakarta akan dibuat dengan satu konsep yang sama," ungkap Akbar.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014