ANNAPOLIS, Maryland, 5 Agustus 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- American Capital Energy & Infrastructure (ACEI) hari ini mengumumkan kalau Overseas Private Investment Corporation (OPIC), instansi keuangan pembangunan pemerintah AS, telah menyetujui pendanaan senilai 50 juta dolar untuk mendukung proyek pembangunan dan operasional proyek energi Azura-Edo dekat Benin City, Edo State, Nigeria. Proyek energi Azura-Edo adalah pembangkit tenaga turbin gas siklus terbuka esbesar 459MW yang akan mulai dibangun pada tahun 2014 dan mewakili fase pertama dari pembangunan fasilitas pembangkit listrik sebesar 1000MW.

Pengumuman ini bertepatan dengan upacara penandatanganan antara CEO dan salah satu pendiri ACEI, Paul Hanrahan, presiden dan CEO OPIC, Elizabeth Littlefield, dan Managing Director Azura Power Holdings, David Ladipo, pada tanggal 5 Agustus di ajang KTT Pemimpin Amerika-Afrika di Washington, DC. Event yang digelar selama tig hari tersebut mengundang hampir 50 pemimpin dari seluruh benua Afrika untuk semakin mempererat hubungan AS dengan salah satu kawasan yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. KTT tersebut fokus terhadap perdagangan dan investasi di Afrika dan menyoroti komitmen AS terhadap pengembangan keamanan, ekonomi, dan demokrasi, dan kesejahteraan rakyat Afrika.

Afiliasi ACEI telah berkomitmen untuk berinvestasi hingga 130 juta dolar kepada Azura Power Holdings Ltd., perusahaan yang bertanggung jawab terhadap proyek pembangkit listrik Azura-Edo, untuk mendanai proyek fase pertama dan kedua serta pengakuisisian di masa depan dan berbagai proyek baru di Nigeria. Selain OPIC dan ACEI, dukungan dana juga datang dari badan pengelola dana infrastruktur dan pembangunan, bank-bank komersial Afrika dan Eropa dan pemerintah negara bagian Edo. royek pembangkit listrik Azura-Edo adalah proyek pembangkit listrik yang didanai secara indepeden pertama di Nigeria dalam 10 tahun.

"Sebagai pemimpin investor pada Azura Power Holdings, kami sangat antusias untuk memfasilitasi partisipasi OPIC di dalam proyek pembangkit listrik Azura-Edo," ujar Paul hanrahan, CEO dan salah satu pendiri ACEI. "Adalah hubungan dengan OPIC dan lembaga pembangunan lainnya yang menopang strategi ACEI untuk menciptakan dan mengembangkan perusahaan-perusahaan energi di pasar berkembang seperti Afrika, Asia, dan Amerika Latin."

"Partisipasi OPIC di dalam proyek ini adalah contoh utama bagaimana kami memobilisasi modal swasta guna mendukung pembangunan di Afrika dan negara-negara berkembang lainnya," ungkap Elizabeth Littlefield, presiden dan CEO OPIC. "Kelangkaan energi yang kronis di Nigeria menghambat pertumbuhan dan pembangunan, dan dukungan OPIC terhadap ACEI akan membantu proyek ini untuk berkontribusi terhadap kapasitas energi Nigeria secara keseluruhan,yang pada akhirnya akan membantu pertumbuhan ekonomi Nigeria."

David Ladipo, Managing Director Azura Power Holdings, mengatakan, "Investasi Amerika Serikat di proyek Azura, yang direpresentasikan oleh OPIC dan ACEI, disempurnakan oleh dukungan konsultasi yang diberikan oleh Agensi Pembangunan Internasional AS kepada rekan-rekan kami di pemerintahan. Ketiga instansi ini menyadari betapa besarnya potensi pertumbuhan pada Industri Pasokan Listrik Nigeria dan mereka telah menindakalanjutinya dengan energi dan kesigapan. Kami sangat menyambut visi, semangat kemitraan, dan antusiasme mereka."

"Persetujuan dana dari OPIC adalah pencapaian yang luara biasa bagi tim proyek Azura, dengan bekerjasama dengan pemerintah Nigeria, yang telah berkerja tanpa lelah pada proyek fase pertama dibawah program reformasi sektor energi yang merupakan inisiatif dari Presiden Goodluck Jonathan," ujar Lisa Pinsley, Direktur Investasi Afrika ACEI. "Rangkaian kontrak proyek energi Azura-Edo adalah contoh utama untuk industri energi dunia dan akan membuka jalan bagi pertumbuhan di dalam sektor energi yang akan melampaui proyek fase pertama Azura sebesar 459MW."

ACEI adalah mitra dari Power Africa, sebuah prakarsa Pemerintah AS yang diluncurkan oleh Presiden Obama yang berfokus pada dukungan terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Afrika dengan mempromosikan akses listrik yang bersih dan handal. Sebagai mitra dari prakarsa ini, ACEI terus mengejar berbagai investasi pada perusahaan-perusahaan energi Afrika untuk menginisiasikan, mengembangkan, mendanai, dan mengoperasikan aset-aset infrstruktur energi regional di Afrika Barat, Timur, dan Selatan, yang pada lebih dari empat tahun lagi, investasi di ketiga kawasan tersebut akan mencapai 800 juta dolar.

Sekilas tentang American Capital Energy & Infrastructure
American Capital Energy & Infrastructure mengelola investasi pada berbagai aset infrastruktur energi global, seperti fasilitas pembangkit, distribusi, jaringan transmisi energi, dan aset transportasi energi, peluang produksi bahan bakar, dan perusahaan produk dan jasa yang bergerak di sektor daya dan energi. ACEI adalah bagian afiliasi manajemen aset dari American Capital, Ltd.(Nasdaq: ACAS) ("American Capital"), American capital Asset Management, LLC. Untuk informasi lebih jauh, silakan  kunjungi www.ACEI.com.

Sekilas tentang American Capital
American Capital, Ltd. (Nasdaq: ACAS) merupakan perusahaan ekuitas swasta yang diperdagangkan secara umum dan sebuah pengelola aset global. American Capital, baik secara langsung maupun melalui unit usaha manajemen asetnya, membuka, menjamin, dan mengelola berbagai investasi pada  ekuitas swasta pasar menengah, leveraged finance, real estate, energi dan infrastruktur, dan dan produk-produk terstruktur. American Capital mengelola aset sejumlah 19 miliar dolar, termasuk aset pada neraca keuangan dan aset aktiva produktif yang dikelola oleh manajer afiliasi, dengan total aset yang dikelola sejumlah 84 miliar dolar  (termasuk aset terbeli). Melalui afiliasinya, American Capital mengelola American Capital Agency Corp. (Nasdaq: MTGE) yang diperdagangkan secara umum dengan nilai pasar mencapai sekitar 9 miliar dolar, American Capital Mortgage Investment Corp. (Nasdaq: MTGE) dengan nilai pasar mencapai sekitar 1 miliar dolar, dan American Capital Senior Floating, Ltd. (Nasdaq: ACSF) dengan nilai pasar mencapai sekitar 1511 juta dolar. Melalui delapan kantornya yang tersebar di Amerika Serikat dan Eropa, American capital dan afiliasinya, European Capital, akan mempertimbangkan  pengadaan peluang investasi dari 10 juta hingga 750 juta dolar. Untuk informasi lebih jauh, silakan kunjungi ke www.AmericanCapital.com.

Sekilas tentang OPIC
OPIC adalah lembaga keuangan pembangunan pemerintah AS. Lembaga ini memobilisasi modal swasta untuk membantu memecahkan berbagai permasalahan pembangunan, dengan tujuan meningkatkan kebijakan luar negeri AS. Karena OPIC bermitra dengan sektor swasta AS, OPIC membantu perusahaan-perusahaan AS memperkuat posisi mereka di pasar negara-negara berkembang, mengkatalisasikan pemasukan, pekerjaan, dan peluang pertumbuhan, baik di dalam dan luar negeri. OPIC mewujudkan misinya dengan menyediakan solusi finansial, penjaminan, asuransi risiko politis kepada para investor, dan memberi dukungan kepada badan dana investasi ekuitas swasta.

Didirkan sebagai salah satu badan pemerintah AS di tahun 1971, OPIC beroperasi secara mandiri tanpa dikenakan biaya bersih kepada warga Amerika. Layanan OPIC tersedia untuk perusahaan baru dan yang tengah memperluas bisnisnya di lebih dari 160 negara. Hingga kini, OPIC telah mendukung investasi senilai lebih dari 200 miliar dolar di lebih dari 4000 proyek, yang menghasilkan sekitar 76 miliar dolar pada sektor ekspor AS dan membuka lebih dari 278.000 lapangan pekerjaan di AS.

Sekilas tentang Azura Power Holdings Ltd.

Azura adalah perusahaan pengembang listrik kelas dunia yang fokus pada pengembangan, pembangunan, pengakuisisian, dan pengoperasian fasilitas-fasilitas pembangkit listrik di Nigeria secara khusus, dan Afrika Barat secara umum.. Azura memanfaatkan keahlian pembangunan dan pembiayaan proyeknya, selain modal dan keahlian dari pendirinya, Amaya, dan mitra investor AS-nya, Amerika Capital Energy & Infrastructure, untuk membangun dan mengakuisisi PLTG berskala besar di Nigeria. untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.azurawa.com.

Siaran pers ini berisi pernyataan berwawasan ke depan. Laporan mengenai hasil yang diharapkan dari Amerika Capital Energy & Infrastructure dan afiliasinya tunduk pada berbagai faktor dan ketidakpastian, termasuk ketidakpastian yang terkait dengan waktu penutupan transaksi, perubahan suku bunga, ketersediaan transaksi, perubahan-perubahan kondisi ekonomi berskala regional, nasional, maupun internasional, atau perubahan kondisi industri di mana Amerika Capital Energy & Infrastructure telah melakukan investasi.

Kontak:
+1-443-214-7070
Paul Hanrahan, Chief Executive Officer
Richard Santoroski, Managing Director
Lisa Pinsley, Director, Africa Investments

 

         

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014