Santo Andre (ANTARA News) - Malapetaka Brazil dapat menjadi keuntungan Real Madrid, di mana bintang Jerman Toni Kroos berpeluang untuk bergabung dengan raksasa Spanyol itu dari Bayern Munich dengan latar belakang penampilan mengesankan di Piala Dunia.

Pemain 24 tahun itu tampil gemilang dengan dua gol dan satu tendangan sudut akurat untuk dikonversi menjadi gol pembukaan Thomas Mueller, saat Jerman menang 7-1 atas Brazil di semifinal yang berlangsung pada Selasa, lapor AFP.

Namun dengan kontraknya di Bayern yang akan habis pada Juni 2015, sejumlah penawaran perpanjangan kontrak dari tim Bavaria itu semuanya ditolak oleh Kroos.

Pada malam sebelum Jerman meraih kemenangan atas Prancis di perempat final, surat kabar Spanyol Marca mengatakan kesepakatan bernilai 25 juta euro telah ditandangani untuk membawa sang pemain ke Real.

"Saya hanya akan mengatakan sesuatu setelah turnamen," telah menjadi jawaban standarnya terhadap pertanyaan-pertanyaan mengenai rencana-rencana masa depannya.

Menurut tabloid TZ yang berbasis di Munich, Bayern sekarang menarik diri untuk mengajukan penawaran kontrak baru setelah Kroos meminta gajinya dinaikkan dari empat juta menjadi sepuluh juta euro.

Hal itu akan membuat dirinya menjadi salah satu pemain dengan gaji terbesar di klub, bersama Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Arjen Robben, dan Franck Ribery.

Pada awal tahun, media Inggris menegaskan bahwa Manchester United siap mendatangkan Kroos ke Inggris.

Namun menurut sejumlah laporan, calon pelatih United Louis van Gaal tidak tertarik merekrut Kroos yang sempat ditanganinya selama dua tahun di Bayern, sebelum Van Gaal kemudian dipecat pada 2011.

Namun setelah bermain pada enam pertandingan di Brazil 2014 dengan berperan sebagai gelandang serang, Kroos telah menjadi salah satu kisah sukses Jerman di Piala Dunia dengan empat assistnya sejauh ini.

"Toni meletakkan bola kapanpun hal itu diperlukan," kata penyerang veteran Miroslav Klose, yang mengklaim gol ke-16nya di Piala Dunia untuk membuat ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di turnamen terbesar ini.

Pelatih tim nasional Jerman Joachim Loew mengatakan Kroos merupakan kunci dari laju mereka ke final Minggu di Stadion Maracana yang ikonik di Rio.

"Toni merupakan seseorang yang banyak memainkan pergerakan pada tim dalam dua tahun terakhir," kata Loew, di mana Kroos memainkan pertandingan ke-50nya untuk Jerman pada Selasa.

"Ia berada dalam permainan yang sangat bagus saat ini dan ia berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan kami."

Kroos mengecilkan permainan menawannya di semifinal.

Tentu saja, akan lebih bernilai bagi calon klub barunya untuk memiliki pemain yang menjuarai Piala Dunia di timnya.

"Itu tidak begitu buruk, saya juga memiliki pertandingan-pertandingan bagus lainnya," ucapnya mengenai penampilannya saat melawan Brazil. "Hal utama sekarang adalah tetap fokus untuk final, kami belum memenangi apa-apa sekarang"


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014