Banjarbaru (ANTARA News) - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan siap membayar gaji ke-13 bagi seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan setempat sebelum Idul Fitri.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjarbaru, Thalmi Hasani di Banjarbaru, Jumat mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran membayar gaji ke-13 itu.

"Dananya sudah disiapkan sebesar Rp14 miliar lebih dan diperkirakan pembayaran sebelum Hari Raya Idul Fitri sehingga kami minta seluruh PNS bersabar menunggu pencairan dan pembayaran," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya masih menunggu surat dari Kementerian Keuangan berisi petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana yang mengatur tentang pembayaran gaji di luar gaji bulanan yang menjadi hak setiap PNS.

Disebutkan, jika surat tentang juknis dan juklak pembayaran sudah diterima maka proses pembayaran gaji ke-13 bagi 4.354 PNS termasuk guru bisa direalisasikan dan diperkirakan suratnya diterima sebelum Idul Fitri.

"Jika suratnya sudah diterima kami tinggal memproses pembayaran gaji ke-13 yang besarannya sama dengan gaji pokok bulan Juni dikurangi dana tunjangan beras yang setiap bulan diterima PNS," ungkapnya.

Menurut dia, selain menyiapkan pembayaran gaji ke-13 bagi seluruh PNS, pihaknya juga menyiapkan dana untuk gaji diluar honor bulanan bagi seluruh Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan tenaga kontrak.

"Dana untuk gaji ke-13 PTT dan tenaga kontrak juga sudah disiapkan tetapi apakah mereka menerima gaji ke-13 atau tidak, kami belum tahu karena itu merupakan kebijakan wali kota," ujarnya.

Dikatakan, jumlah PTT dan tenaga kontrak termasuk petugas kebersihan yang siap dibayar gaji ke-13 sebanyak 1.322 orang dengan rincian 931 PTT dan tenaga kontrak administrasi serta 391 petugas kebersihan.

Salah seorang PTT di lingkungan Sekretariat Daerah mengatakan, pihaknya berharap gaji ke-13 juga diberikan karena tahun sebelumnya gaji di luar honor yang besarnya satu bulan, mereka terima.

"Harapan kami tentu saja gaji ke-13 juga kami terima seperti tahun lalu. Apalagi bertepatan bulan Ramadhan sehingga uangnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga," katanya.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014