Jakarta (ANTARA News) - Para peneliti dari University of California, San Diego School of Medicine menemukan, orang yang kadar vitamin D-nya rendah, dua kali lebih mungkin mengalami kematian dini dibandingkan mereka yang kadar vitamin D dalam darahnya lebih tinggi.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Public Health tersebut menggunakan ulasan sistematis 32 studi yang menganalisa jumlah vitamin D dalam darah dan angka kematian manusia.

Pengukuran jumlah vitamin D dalam darah menggunakan tes 25-hydroxyvitamin D.

Dalam studi ini, warga dari 14 negara termasuk Amerika Serikat dilibatkan selama 9 tahun masa penelitian dengan total partisipan sebanyak 566.583 orang.

Usia rata-rata partisipan saat tes pengambilan darah rata-rata ialah 55 tahun.

"Tiga tahun lalu, Institute of Medicine (IOM) menyimpulkan, memiliki kadar vitamin D dalam darah yang terlalu rendah, berbahaya," ujar profesor di Departement of Family and Preventive Medicine dari UC San Diego, Cedric Garland, DrPH., seperti dilansir laman resmi University of California, San Diego.

"Studi ini mendukung kesimpulan itu, namun selangkah lebih maju. 20 nanogram/milimeter (ng/ml) merupakan batasan tingkat vitamin D dalam darah, berdasarkan laporan IOM yang menemukan adanya hubungan antara kadar rendah vitamin D dan risiko penyakit tulang. Penemuan baru ini menemukan adanya hubungan antara kadar vitamin D rendah dengan risiko kematian dini,...," tambahnya.

Mengomentari temuan ini, profesor dari Departemen Pengobatan, UC San Diego School of Medicine, Heather Hofflich, DO, mengatakan, studi ini memberikan jaminan pada publik bahwa vitamin D aman digunakan dalam dosis tepat, yakni hingga 4.000 satuan internasional (IU)/hari.

Sinar matahari dan sumber pangan, seperti ikan berlemak atau berminyak misalnya salmon, tuna, tenggiri, kemudian minyak hati ikan dan kuning telur, diketahui merupakan sumber vitamin D.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014